Home  / Pemerintahan
Gubri dan Rektor UIN Suska Riau Temui Wapres
Selasa, 10 Desember 2019 | 16:01:24
Humas Riau
JAKARTA - Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar dan Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Syarif Kasim II (Suska) Riau Akhmad Mujahidin menyampaikan hajat untuk mengundang Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia (RI) Ma'ruf Amin ke Bumi Melayu lancang kuning di Istana Wapres, Jakarta, Selasa (10/12). 

Adapun pertemuan ini sekaligus untuk menjadikan UIN Suska Riau sebagai pusat pengembangan dan penelitian Ekonomi Syariah, terlebih selama ini Indonesia hanya menjadi target pemasaran Wisata Halal. 

Wapres berkeinginan agar Indonesia menjadi negara Produsen Produk halal, dan bukan hanya menjadi konsumen.

Gubri Syamsuar memparkan bahwa Riau memenuhi potensi menjadi Zona Ekonomi Syariah, serta menjadi kawasan ekonomi industri halal dan menjadi pusat UMKM halal dan ekonomi syariah. Ada 4 Fokus Masterplan Ekonomi Syariah RI yang disampaikan Wapres saat pertemuan tersebut, antara lain:

Pertama, penguatan halal value chain dengan fokus pada sektor yang dinilai potensial dan berdaya saing tinggi.

Kedua, penguatan sektor keuangan syariah dengan rencana induk yang sudah dituangkan dalam Masterplan Arsitektur Keuangan Syariah Indonesia (MAKSI) sebelumnya dan disempurnakan ke dalam rencana induk.

Ketiga, penguatan sektor Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) sebagai penggerak utama halal value chain. 

Keempat, penguatan di bidang ekonomi digital utamanya perdagangan (e-commerce, market place) dan keuangan (teknologi finansial) sehingga dapat mendorong dan mengakselerasi pencapaian strategi lainnya

Lebih lanjut Syamsuar mengungkapkan, di Riau juga sudah menerapkan pembangunan Ekonomi berbasis syariah seperti peralihan status Bank Riau Kepri dari Konvensional menjadi Syariah, zakat, Gerakan Wakaf Rp. 2.000 per hari, UMKM halal, pariwisata halal dan lain-lain.

"Kami juga mengharapkan UIN Suska Riau menjadi pusat penelitian dan pengembangan Ekonomi Syariah, jalan pemasaran produk pun kita bisa melalui PT Sarinah," pungkasnya. (MCR)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Wagubri Lantik 342 PNS Provinsi Riau Formasi 2018
Warga Pesisir Pelalawan Minta Gubri Tak Pangkas Anggaran Jalan Lintas Bono
Gubri Minta Kepala OPD Pertahankan Opini WTP
Gubri akan Lantik Kepala Inspektorat Riau
Gubri Bakal ke Komisi V DPR RI, Presentasi Rencana Pembangunan Riau

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad
free web site hit counter