Home  / Pemerintahan
Bahan Makanan dan Transportasi Picu Inflasi di Riau
Senin, 10 Juni 2019 | 21:19:00
fin/riaueditor.com
PEKANBARU, riaueditor.com - Kendati prosentase inflasi di Riau sama dengan nasional, namun penyebabnya berbeda. Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Riau mencatat, angka inflasi di Riau Mei 2019, sebesar 0,68 persen. Sedangkan Indeks Harga Konsumen (IHK) 137,95.

Kepala BPS Riau, Ir Aden Gultom MM mengungkapkan, tingginya angka inflasi di Riau dipicu oleh bahan makanan dan angkutan. Seperti cabe merah, kentang, bawang putih, pepaya, angkutan udara dan angkutan angkutan antar kota.

"Inflasi Riau Mei 2019 sebesar 0,68 persen. Ini terjadi karena adanya kenaikan Indeks Harga Konsumen (IHK) yang cukup signifikan pada kelompok bahan makanan. Dimana kelompok bahan makanan ini mengalami inflasi sebesar 2,13 persen," ujarnya didepan wartawan, Senin (10/06/19).

Selain bahan makanan dan transportasi, inflasi juga dipicu oleh komunikasi dan jasa keuangan sebesar 0,64 persen, sandang 0,45 persen, makanan jadi, minuman, rokok dan tembakau sebesar 0,16 persen perumahan, air, listrik, gas dan bahan bakar sebesar 0,02 persen.

Kendati Riau terus mengalami inflasi, namun Aden Gultom optimis tahun 2019 ini angka inflasi berada dibawah 3 persen. Ia mengatakan, Mei 2019 ini semua kota/kabupaten di Riau. 

Hanya saja tiga daerah di Riau yang angka inflasinya tinggi diantaranya, Pekanbaru sebesar 0,56 persen, Dumai sebesar 1,05 persen dan Tembilahan sebesar 1,29 persen. 

Sementara deflasi Mei 2019 ini diantaranya, pendidikan, rekreasi dan olahraga sebesar -0,06 persen dan kesehatan sebesar -0,02 persen.

"Untuk komoditas yang memberi andil deflasi antara lain daging sapi, bawang merah, ikan tongkol, beras, tomat sayur, tomat buah, televisi berwarna," ujarnya.

Dari 23 kota di Sumatera yang menghitung IHK, semua kota tersebut mengalami inflasi, dengan inflasi tertinggi terjadi di Kota Pangkal Pinang sebesar 1,78 persen. Lalu diikuti oleh Kota Bungo sebesar 1,60 persen dan Kota Banda Aceh sebesar 1,48 persen, sedangkan inflasi terendah terjadi di Kota Tanjung Pandan sebesar 0,21 persen. (rls/fin)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
BI Taksir Inflasi Pekan Pertama Agustus 0,12 Persen
Prajurit Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Raider 514/SY Berikan Bantuan Makanan Untuk Warga Kampung Tinolok
7 Tips Menyimpan Sisa Makanan Demi Cegah Keracunan
Bus Shalawat, Gratis Antar Jamaah Shalat 5 Waktu ke Masjidil Haram
10 Makanan Terbaik dengan Kandungan Potasium Tinggi

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad