Home  / Pemerintahan
Gubri Singgung Minimnya Kontribusi Perusahaan Sawit Terhadap Infrastruktur Jalan
Minggu, 31 Maret 2019 | 23:30:39
istimewa
truck CPO
PEKANBARU, riaueditor.com - Gubernur Riau, Drs H Syamsuar MSi menegaskan perusahaan perkebunan kelapa sawit yang beroperasi di Riau belum memberikan kontribusi besar terhadap pembangunan infrastruktur jalan.

Padahal menurutnya salah satu penyebab jalan rusak di Riau antara lain oleh banyaknya truk CPO yang melintasi jalan provinsi dengan muatan Over Dimension and Over Load (ODOL).

"Salah satu penyebab jalan di Riau rusak ya itu (kelebihan muatan)," kata mantan Bupati Siak dua periode ini.

Namun, lanjut Syamsuar, ada juga jalan-jalan provinsi yang sudah lama namun belum diperbaiki, sehingga jalan tersebut saat ini banyak yang rusak.

"Kerusakan jalan provinsi ini kan memang ada yang disebabkan kelebihan tonase, dan ada juga yang sudah lama tak direhab, karena ruas jalan kita banyak betul dan terlalu panjang, sehingga anggaran yang ada tak mampu untuk memperbaiki semua," ujarnya.

Selama ini, sebut Syamsuar, perusahaan perkebunan kelapa sawit masih minim memberikan kontribusi terhadap perbaikan infrastruktur jalan yang rusak.

"Bahkan tak ada. Mereka ini kan pengguna jalan. Memang ada sebagian kabupaten yang memungut retribusi, tapi tak semua daerah begitu," tukasnya.

Untuk diketahui, tahun 2017 sepanjang 2.799 kilometer jalan milik Provinsi Riau, sekitar 55,18 persen mengalami kerusakan kategori rusak sedang hingga rusak berat. Dari 55,18 persen tersebut, saat ini 30 persen jalan yang mengalami kerusakan berat.(MCR)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Jalan 2 Lajur Airmolek Berlobang, Yulisman: Sudah Kita Koordinasikan
Perjalanan Dinas akan Diefisiensi di APBD-P
Lagi, Komplotan Gajah Liar Rusak Lahan Sawit Warga Tapung
Babinsa Koramil 14/Kepenuhan Bersama Warga Timbun Jalan Berlubang Dalam Rangka TMMD Ke-105
Babinsa Koramil 14/Kepenuhan Bantu warga Membuat Box Culvert Jalan Desa

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad