UCAPAN RAMADHAN RIAUEDITOR
Home  / Parlemen
Ini Sikap DPRD Riau Terhadap Kendaraan ODOL
Kamis, 4 Maret 2021 | 14:53:41
H. Yuyun Hidayat ST MSc
PEKANBARU, riaueditor.com - Keberadaan kendaraan melebihi muatan atau Over Dimension Over Loading (ODOL) di jalan raya, bukan saja berakibat pada rusaknya jalan, melainkan juga meresahkan pengguna jalan lain. Untuk mengatasinya,  harus dilakukan secara bersama-sama.

Hal itu diungkapkan anggota komisi IV DPRD Riau, Yuyun Hidayat ST MSc menyikapi ketidaktegasan petugas di lapangan terhadap kendaraan ODOL tertentu saat dilakukan penertiban, Kamis (4/3/21).

"Beking-membeking saat dilakukan penertiban ODOL itu, memang ada. Dan itu memang susah karena sudah membudaya. Tinggal bagaimana kemauan dan sikap dari kementerian. Kalau perlu kita bersama-sama", ujarnya.

Yuyun mengatakan, petugas di lapangan tidak bisa juga disalahkan begitu saja. Pasalnya, ada pejabat yang berpangkat lebih tinggi dari dia. Bahkan bisa saja yang menelepon petugas di lapangan itu lebih tinggi posisinya ketimbang Gubernur.

Politisi asal fraksi PPP DPRD Riau itu mengatakan, untuk mengatasinya harus dilakukan secara bersama-sama. Misalnya dengan melakukan razia gabungan sehingga tidak bisa bermain sendiri.

"Kalau razia gabungan, susah dong. Dia ngak bisa ngapa-ngapain iya, kan. Dan itu harus ada langkah preventif yang langsung terasa", ucap putra mantan Bupati Kampar almarhum H. Aziz Zainal tersebut.

Yuyun menceritakan, beberapa waktu lalu memang ada kendaraan ODOL dimana baknya langsung dipotong oleh petugas saat melakukan penertiban. Ia berharap tindakan tersebut yang terakhir.

"Makanya kalau kita razia itu terkadang kita sertakan polisi, Dinas Perhubungan dan instansi terkait lainnya. Dan itu harus ada ketegasan sikap", katanya.

Bahkan secara politik kata Yuyun, dalam rangka menertibkan kendaraan ODOL di Riau, DPRD Riau terus berkoordinasi dengan DPR RI. Dan itu selalu dilakukan manakala ke Jakarta. Hasil observasi DPRD Riau, masalah ODOL juga menjadi problem serupa dengan daerah lain.

Ia mengatakan selain merusak jalan yang berdampak pada terganggunya ekonomi, ODOL juga sangat meresahkan pengguna jalan lain karena ukuran body kendaraan yang melebihi standar.

Menyikapi hal itu, komisi IV DPRD Riau kata Yuyun, kini tengah menjadwalkan Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Dishub. (fin)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Kapolda Riau Lakukan Pengecekan Pelaksanaan PPKM Mikro Dua Kelurahan di Kota Pekanbaru
Hari Ini Bertambah 330 Kasus Baru, Kadiskes Riau Minta Warga Disiplin Patuhi Prokes Covid-19
Polda Riau Siap Amankan Pemilihan Suara Ulang di Inhu dan Rohul
Ekspor Lemak, Minyak Nabati dan Pulp Masih Jadi Andalan di Riau
Enam Calon Sekdaprov Riau Wajib Ikuti Kompetensi Manajerial

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad
free web site hit counter