Home  / Parlemen
Bahas Ranperda RZWP3K, Pemkab Pelalawan Absen
Kamis, 22 Oktober 2020 | 16:16:00
Wakil Ketua Komisi II DPRD Riau, Sugianto
PEKANBARU, riaueditor.com - Untuk mewujudkan pengelolaan sumber daya dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di wilayah Pesisir, DPRD Riau menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Pemkab. Hanya saja cukup disayangkan dari 3 Pemkab yang diundang, tak satupun pejabat dari Pemkab Pelalawan yang hadir alias absen.

Kekecewaan itu disampaikan wakil ketua komisi II DPRD Riau Sugianto usai memimpin RDP di ruang Medium DPRD Riau, Kamis (22/10/20).

"Sungguh kita sayangkan, hari ini Kabupaten Pelalawan tidak mau hadir pada RDP Ranperda Rencana Zonasi Wilayah Pesisir dan Pulau-pulau Kecil (RZWP3K) Riau. Padahal di bantaran sungai Kampar banyak pelabuhan kecil dan pelabuhan-pelabuhan tikus, yang mana selalu bermasalah dengan para nelayan", ucapnya.

Kekecewaan Sugianto bahkan  ditumpahkah lewat kampanye politik Bupati Pelalawan yang saat itu berjanji mensejahterakan masyarakat.

"Mereka melupakan janji politiknya untuk mensejahterakan masyarakat. Ketika kampanye ngomong masyarakat harus sejahtera semuanya. Tapi hari ini kita membahas hal yang penting tentang RT RW - nya laut, mereka tidak hadir. Padahal disitu ada pelabuhan RAPP dan 12 pelabuhan tikus di alur Sungai Kampar", beber anggota DPRD Riau dari fraksi PKB.

Sugianto mengatakan pentingnya RDP, dimaksudkan untuk mendengar masukan dari masing-masing Pemkab terkait Ranperda RZWP3K lanjutan, sebelum disahkan.

Ia mengatakan masukan dari daerah tersebut, nantinya diakomodir untuk kemudian dibahas di tingkat Pansus. Hal ini dimaksudkan agar tidak bermasalah di kemudian hari, terutama para Bupati.

"Perda ini nantunya RT RW-nya laut. Pulau kecil, sungai, pelabuhan dan sebagainya. Kenapa kami mengundang mereka, karena merekalah yang tahu tentang daerahnya", katanya.

Sugianto mengatakan, ketika Perda ini nanti sudah disahkan diyakini banyak perusahaan yang sudah punya ijin bakal menuntut Bupati.

Lebih jauh terang Sugianto, pentingnya DPRD Riau mengundang Pemkab dalam membahas Ranperda RZWP3K, dimaksudkan untuk menghindari terjadinya konflik di masyarakat.

Adapun 3 Pemkab yang diundang dalam RDP yakni, Siak, Pelalawan, dan Indragirj Hilir. Hanya saja dari Pemkab Pelalawan tak satupun perwakilan yang hadir. (fin)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Bupati dan Segenap Masyarakat Dogiyai Tolak RDP Otsus
Bahas Covid-19, DPRD Riau Gelar RDP dengan Dinkes dan RS Rujukan
Wagubri: Penyusunan Perubahan APBD Dipengaruhi Kondisi Pandemi Covid-19
DPRD Siak Sahkan Enam Ranperda, Alfedri Ungkapkan Terimakasih dan Apresiasi
Pengesahan Ranperda SOTK Tinggal Menunggu Sidang

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad
free web site hit counter