Home  / Parlemen
Sikapi Masalah Limbah, DPRD Riau Berencana Turun Lapangan
Senin, 27 Januari 2020 | 18:04:35
Manahara Napitupulu, Anggota DPRD Riau Dapil Inhu-Kuansing
PEKANBARU, riaueditor.com - Kasus pencemaran lingkungan yang diduga melibatkan PT. Mitra Agung Swadaya (MAS), menuai sorotan dari anggota DPRD Riau, Manahara Napitupulu. Politisi asal Partai Demokrat itu berencana akan turun ke lapangan.

"Pemkab dalam hal ini Dinas  Lingkungan Hidup (DLH) Kab. Inhu semestinya segera melakukan klarifikasi kesana lah. Periksa AMDAL nya. Jangan dibiarkan berlarut-larut. Perusahaan juga harus mengevaluasi sistim pengelolaan limbah mereka", tegas anggota Komisi II DPRD Riau itu menyikapi keresahan masyarakat atas matinya sejumlah ikan di Sungai Binio Desa Koto Medan Kec. Kelayang Kab. Inhu, Senin (27/01/20).

Ia pun mendesak DLH Inhu untuk melakukan tindakan riil terhadap perusahaan yang dinilai melakukan pencemaran lingkungan sesuai peraturan dan perundang-undangan yang ada.

Manahara mengatakan, dampak pencemaran lingkungan sangat besar konsekwensinya bagi masyarakat. Apalagi Sungai Binio menjadi tempat aktifitas masyarakat yang airnya sering dikonsumsi.

"Dengan adanya informasi ini saya nanti akan kesana. Sekaligus juga mengunjungi daerah pemilihan saya disana," ucap politisi Dapil Inhu - Kuansing tersebut.

Seperti diketahui pencemaran lingkungan yang diduga berasal dari PKS PT MAS Kelayang sudab berlangsung lama.

Terbaru, masyarakat Desa Koto Medan, Kecamatan Kelayang, Kabupaten Inhu, Riau kembali dikejutkan dengan matinya sejumlah satwa di sungai Binio yang terapung mati.

"Kejadian ikan mati di sungai Binio bukan baru kali ini aja. Satu bulan sekali atau dua bulan sekali binatang satwa seperti ikan, kura-kura, ular dan binatang lainnya mati karena keracunan limbah PKS PT MAS yang sengaja dibuang ke sungai," terang Andalas Sekretaris BPD Desa Kota Medan saat turun ke lapangan, Rabu (8/1/2020). (fin)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Total PDP Covid-19 di Riau 97 Orang
Bertambah 1, Total 2 Pasien Positif Corona di Riau
BMKG Deteksi 80 Hotspot di Sumatera, 36 Diantaranya di Riau
Jumlah ODP Covid-19 Riau Bertambah Jadi 5.436 Orang
DPRD Jawa Barat Usulkan Lockdown, Ini Jawaban Ridwan Kamil!

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad