Home  / Parlemen
Akhiri Kasus Gizi Buruk di Pelalawan, Dewan Usul Pemkab Bentuk TGC
Kamis, 9 Januari 2020 | 21:50:52
H Abdullah S.Pd Politisi PKS
PELALAWAN, riaueditor.com - Terkait masih saja munculnya kasus gizi buruk di Kabupaten Pelalawan, H.Abdullah,S.Pd politisi PKS yang juga Wakil Ketua Komisi I DPRD Pelalawan angkat bicara. 

Menurutnya,  Pemerintah Kabupaten Pelalawan harus segera merespon persoalan gizi buruk dan stunting yang terjadi di Kabupaten Pelalawan yang dimotori oleh Dinas Kesehatan (Diskes) dengan membentuk Tim Gerak Cepat penanganan gizi buruk dan stunting.  

"Tentunya dengan dibentuk TGC, penanganan lebih akan terfokus dan lebih penting lagi mencegah terjadinya kasus gizi buruk ataupun stunting. TGC akan bekerja dengan data by name by address gizi buruk dan stunting yang ada di Pelalawan.Pemantauan dan pengawasan akan lebih terpusat dengan adanya TGC. Tak hanya Diskes, TGC juga diisi oleh OPD dan instansi terkait, " ucapnya.  

Dikatakannya,  dengan adanya TGC dan teknologi ini, diharapkan penanganan gizi buruk dan stunting akan cepat dilakukan, dan tepat sasaran.

"TGC ini langsung melacak, sehingga  memastikan pelayanan gizi buruk terealisasikan dan memastikan titik gizi buruk dan stunting, langsung mendapatkan penanganan cepat," pungkasnya.

H Abdullah juga menyoroti tentang peran posyandu yang lebih diaktifkan diberbagai pelosok desa.

"Di posyandu, masyarakat juga dapat dengan mudah mendapatkan penyuluhan kesehatan termasuk gizi, agar generasi ke depan menjadi generasi unggul," ucapnya.

Ditambahkannya, keberadaan kader-kader di tiap posyandu harus lebih aktif dalam memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakatnya. Bahkan, jika masyarakat atau warganya tidak datang ke posyandu, para kader melakukan kunjungan langsung ke rumahnya bersama tim kesehatan dari posyandu.

"Kader itu kan melihat perkembangan bayi dan balita. Khawatir tidak ada kenaikan berat badan pada bayi dan balita, maka mereka langsung menyampaikan asupan gizi terbaik untuk dikonsumsi atau diberikan ke bayi," tuturnya.(zoelgomes)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Atasi Gizi Buruk dan Stunting, Dinkes Pelalawan Akhirnya Bentuk TGC
Meski Kondisinya Mulai Membaik, Balita Gizi Buruk dari Bunut Pelalawan Akhirnya Meninggal Dunia
Lagi, Balita Gizi Buruk Dirawat Intensif RSUD Selasih Pangkalan Kerinci
Ranking FIFA 2019: Indonesia Makin Terpuruk, Malaysia Melesat
WP KPK: Artidjo Momok Menakutkan Bagi Koruptor

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad