Home  / Parlemen
DPRD Riau Minta Pemko Pekanbaru Koordinasi dengan Pemprov Benahi Drainase
Jumat, 3 Januari 2020 | 16:28:42
istimewa
PEKANBARU - Wakil Ketua DPRD Provinsi Riau, Asri Auzar mengakui kalau drainase di wilayah Kota Pekanbaru sangat jelek. Ia menilai saluran air di ibukota ini sepotong-sepotong dan tidak jelas muaranya sehingga ketika terjadi hujan berpotensi menyebabkan genangan air di mana-mana. 

"Drainasenya yang jelek, di Kota Pekanbaru itu bukan banjir namanya tapi genangan air yang terjadi pada waktu hujan. Muara saluran air itu yang tidak jelas sehingga hujan lebat satu jam atau lebih lama maka Pekanbaru sudah banjir dimana-mana. Termasuk di jalan-jalan, bahkan jalan protokol sekalipun," kata Asri Auzar, Jumat (3/1/2020).

Untuk itu Pemko Kota Pekanbaru harus membenahi drainase secara keseluruhan terutama menyambungkan saluran air yang selama ini masih terpotong-potong. 

Tak hanya itu selain drainase yang harus menyambung harus jelas muara air ke mana perginya, terutama langsung ke anak -anak sungai yang ada. Bahkan jika perlu pemerintah daerah harus membuat semacam embung di beberapa tempat untuk menampung air sebelum diteruskan ke sungai.

"Apalagi Pekanbaru ini sebagai ibu kota provinsi. Sudah seharusnya penataan drainase lebih baik. Wajah Riau terletak di Kota Pekanbaru, jadi harus nyaman bagi orang yang datang dan warganya. Harus dibuatkan master plan drainasenya, sehingga betul-betul muara aliran airnya jelas," tambahnya.

Wakil Ketua DPRD Riau ini mengakui untuk membangun drainase membutuhkan dana yang cukup besar. Untuk itu, pihak Pemko Pekanbaru bisa berkoordinasi dengan Pemprov Riau. "Kita siap dukung masalah ini. Karena Pekanbaru merupakan ibu kota Provinsi Riau yang sudah seharusnya ada perhatian untuk itu," katanya lagi. (mcr)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Satgas Yonif 413 Kostrad Bantu Warga Benahi Jalan Kampung
Peduli Lingkungan, Kodiklat TNI Bangun Drainase Masyarakat Melalui Karya Bhakti
Gonta-Ganti Kadis PUPR Pelalawan, Keseriusan Atasi Drainase Lumpuh di Ibukota Masih Dipertanyakan
Gubri Minta OPD Benahi Manajemen Resiko
Pembangunan Drainase Di Jalan Kaharuddin Nasution Terbengkalai, PPK Saling Sanggah

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad
free web site hit counter