Home  / 
Dewan Usul Disdukcapil Pelalawan Buka Layanan Hingga Pukul 9 Malam
Sabtu, 2 Maret 2019 | 09:54:49
ist.
H Abdullah S,Pd
PEKANBARU, riaueditor.com - Anggota DPRD Pelalawan yang juga politisi PKS, H Abdullah S,Pd mengusulkan agar Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Pelalawan membuka layanan pada hari kerja hingga malam pukul 21.00 Wib.

Menurut H Abdullah yang juga Wakil Ketua Komisi I DPRD Pelalawan ini, ada sejumlah alasan mengapa Disdukcapil Pelalawan hendaknya membuka layanan hingga malam pukul 21.00 Wib. 

Dijelaskna dia, dengan adanya layanan sampai malam ini, bisa menjadi solusi bagi warga yang belum bisa melakukan pengurusan administrasi kependudukan (Adminduk) lantaran bekerja saat siang hari. Mereka bisa mendapatkan pelayanan di malam hari setelah pulang kerja.

Selanjutnya, mengakomodir kepengurusan adminduk yang tak selesai hingga sore. Terakhir, mempercepat penyelesaian adminduk masyarakat yang belum selesai.

"Perlu diingat, kabupaten Pelalawan 75 persen masyarakat industri seperti kelapa sawit, kertas dan perkantoran. Banyak yang mengadu berbulan bulan mengurus adminduk dan paling sering dilaporkan yakni e-ktp yang tak kunjung selesai. Dengan penambahan waktu ini pengurusan adminduk selesai 1 hari," terangnya.

Contohnya di Surabaya, membuka layanan hingga malam yang mendapat antusias warga.
"Jadi untuk petugas pelayanan saat jam kerja ASN, sementara di atas jam kerja atau memasuki malam memakai petugas kontrak," tukasnya.

Ditambahkannya, dengan membuka layanan hingga malam hari, selain bentuk keseriusan Disdukcapil Pelalawan dalam menyelesaikan kepengurusan adminduk masyarakat juga merupakan inovasi.

"Saya pribadi yakin warga akan antusias apalagi mereka yang bekerja bisa memanfaatkan waktu pelayanan di malam hari. Ini bentuk inovasi, makanya kita usulkan," tutupnya. (zoel)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
BNPB Sebut Lebih 1.900 Desa di Tujuh Provinsi Terdampak Kekeringan
Pasca Dilantik, Puluhan Kasek SDN Marger Nonjob
Panglima TNI Lantik 169 Perwira Prajurit Karier TNI TA 2019
Kadisdik Pekanbaru Lantik 90 Kepala Sekolah
Amerika Serikat juara Piala Dunia Wanita 2019 usai kalahkan Belanda.

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad