Home  / 
Rasakan Manisnya Budidaya Lebah Madu Klanceng, Camat Tenayan Raya Resmikan KUBE `Berkah Madani`
Jumat, 9 April 2021 | 22:31:03
har/riaueditor.com
Sekcam Tenayan Raya Azhari Benasir SSTP didampingi Lurah Industri Tenayan Alwis Septian SSTP,MSi secara langsung meresmikan Kelompok Usaha Bersama (KUBE) Berkah Madani.
PEKANBARU, riaueditor.com - Camat Tenayan Raya Indah Vidia Astuti, SSTP diwakili Sekcam Tenayan Raya Azhari Benasir SSTP didampingi Lurah Industri Tenayan Alwis Septian SSTP,MSi secara langsung meresmikan Kelompok Usaha Bersama (KUBE) Berkah Madani dalam budidaya lebah madu klanceng di RW 02 Kelurahan Industri Tenayan, Jumat sore 9 April 2021.

Turut hadir di acara yang dipandu Ketua RW 02 Industri Tenayan, Syafari SAg ini Pembina KUBE Berkah Madani Mukhtar Arifin SH, Ketua KUBE Berkah Madani Ruslan Efendi SH, Ketua LPM Kelurahan Industri Tenayan Khairul Rizal, Babinsa Industri Tenayan Said Hermanto, Ketua RT dan tokoh masyarakat setempat, anggota KUBE Berkah Madani, dan Direktur PT Mahakarya Berkah Madani (MBM) Mada Purna Wijaya, SE, selaku perusahaan mitra KUBE Berkah Madani dalam pembudidayaan lebah madu Klanceng.

Sekcam Tenayan Raya Azhari Benasir SSTP mengatakan, pemerintah menyambut baik peluang usaha pembudidayaan lebah madu klanceng yang dikembangkan KUBE Berkah Madani di kelurahan Industri Tenayan.


Diharapkan budidaya lebah klanceng ini tidak hanya dinikmati hasilnya oleh masyarakat namun juga dinikmati oleh daerah ini.

"Usaha ini tidak saja mendapatkan sisi ekonomisnya, tapi juga sisi lingkungannya, karena dengan budidaya lebah klanceng ini masyarakat akan berlomba-lomba menanam bunga, jadi kita dapat indahnya juga dapat keuntungannya," ujar Sekcam.

Sekcam menambahkan bahwa pemerintah kecamatan siap menjadi penyambung lidah kepada seluruh stake holder yang ada di kelurahan Industri Tenayan ini.

Sementara itu, Lurah Industri Tenayan Alwis Septian SSTP,MSi berharap usaha budidaya lebah klanceng yang dijalankan KUBE Berkah Madani kedepannya bisa menjadi usaha percontohan bagi kelurahan lainnya.


"Mudah-mudahan perekonomian semakin bagus, kemitraan semakin baik," ungkap Lurah.

Pembina KUBE Berkah Madani Mukhtar Arifin SH mengatakan, KUBE Berkah Madani lahir dari sikap kegotong-rotongan, didorong keinginan bersama mengembangkan usaha budidaya lebah madu klanceng di Kelurahan Industri Tenayan.

Mukhtar Arifin adalah orang pertama yang memulai usaha budidaya lebah klanceng di kelurahan Industri Tenayan dan sudah berhasil memproduksi madu lebah klanceng.


Dikatakan Mukhtar Arifin, dalam usaha budidaya lebah klanceng atau kelulut, KUBE Berkah Madani menjalin kemitraan dengan PT Mahakarya Berkah Madani (MBM) yang bergerak dibidang ternak lebah klanceng, baik sebagai suplier maupun marketing.

Di akhir acara, Sekcam Azhari didampingi Lurah Alwis beserta rombongan berkesempatan meninjau lokasi budidaya lebah madu klanceng milik pembina KUBE Berkah Madani, Mukhtar Arifin.

Kemudahan Budidaya Lebah Klanceng


Menurut Direktur PT Mahakarya Berkah Madani (MBM), Mada Purna Wijaya, SE, selaku perusahaan mitra KUBE Berkah Madani mengatakan, berbeda dengan lebah jenis Avis, budidaya lebah klanceng dari genus trigona ini jauh lebih mudah dan bisa dilakukan di rumah.

Jenis lebah mungil ini tidak menyengat melainkan menggigit, namun gigitannya tidak melukai kulit. Koloni lebah klanceng juga memiliki ratu lebah, sama halnya dengan jenis lebah madu lainnya.

Sumber makanan lebah ini juga sangat mudah, lebah-lebah klanceng paling suka menikmati nektar dari bunga, misalnya bunga matahari, bunga kaliandra atau air mata pengantin. "Semakin banyak dan bagus sumber makanannya maka madu yang dihasilkan juga akan semakin berkualitas," katanya.

Khasiat Madu Lebah Klanceng


Dijelaskan Mada Purna Wijaya, berbeda dengan madu lainnya, madu yang dihasilkan oleh lebah klanceng rasanya asam namun khasiatnya melebihi madu yang dihasilkan lebah lainnya.

Disamping manfaat antibodi, madu klanceng juga dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Dengan rasa asamnya madu klanceng juga cocok untuk penderita diabetes, dan juga menyembuhkan infeksi akibat bakteri jahat.

Selain madu, lebah klanceng juga menghasilkan bee pollen dan propolis yang bermanfaat sebagai antibiotik hingga melawan sel kanker, dan sering diolah menjadi produk kesehatan karena memiliki manfaat bagi manusia. Tak heran jika harga madu klanceng beberapa kali lipat dari harga madu lainnya, pungkasnya.(har)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Prajurit Gardatama Yudha Mendapatkan Pelatihan Budidaya Tanaman Hidroponik
Tingkatkan Ekonomi Warga, Babinsa Kodim Yawa Dukung Budidaya Rumput Laut di Kampung Sarawandori
Masa Pendemi Covid-19, Guru TK Sulap Kolam Renang Jadi Budidaya Lele, Hasil Panennya 350 Kg
PTPN V Budidayakan 1,5 Juta Bibit Sawit Unggul Percepat PSR
Seskoad Adakan Sosialisasi Budidaya Kelengkeng

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad
free web site hit counter