Home  / 
Lurah Palas Terapkan Empat Program Strategis Wujudkan Pekanbaru Smart City Madani
Rabu, 12 Agustus 2020 | 07:17:29
Lurah Palas Rizky Pramdani, SSTP
PEKANBARU, riaueditor.com - Kelurahan Palas Kecamatan Rumbai Kota Pekanbaru, berkomitmen untuk mendukung visi misi Walikota Pekanbaru, DR. Firdaus, ST.MT, mewujudkan "Pekanbaru Smart City Madani". 

Dengan adanya bantuan dana Kelurahan dari pemerintah Pusat berupa Dana Alokasi Umum (DAU), maka Kelurahan Palas akan menerapkan empat program strategis tersebut, yakni meningkatkan pembangunan infrastruktur, kesehatan, sosial budaya dan perekonomian masyarakat. 

Hal ini disampaikan Lurah Palas Rizky Pramdani, SSTP, Selasa (11/8). Menurut Rizky, di masa pandemi Covid-19 yang tengah melanda dunia saat ini, sangat berdampak kepada perekonomian masyarakat. 

"Saat ini banyak warga Kelurahan Palas yang terkena PHK, yang berujung meminta SKT Miskin, karena tidak mampu membayar berbagai kewajibanya, seperti pembayaran angsuran kredit rumah atau kredit motor," ujarnya.

Melihat kondisi tersebut, maka pihaknya akan melakukan program jangka pendek untuk penguatan ekonomi mandiri. Yang tentunya tetap mengacu kepada petunjuk teknis atau ketentuan Permendagri tentang dana Kelurahan.

"Selain program penguatan ekonomi mandiri, Kelurahan juga akan melaksanakan pelatihan-pelatihan untuk peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM). Seperti, latihan keterampilan hidup (life skill), sedangkan bidang kesehatan, akan mendorong dan membantu sarana prasarana kesehatan di Postu yang ada di kelurahan Palas," sebut Rizky.

Selanjutnya kata Rizky, wilayah Kelurahan Palas berbatasan langsung dengan pinggiran sungai Siak. Jika sungai Siak pasang, maka sebagian wilayah Palas akan tergenang air atau banjir. Bahkan sekarang ini, jika hujan turun deras sekitar dua jam saja, langsung terjadi banjir di sekitar kawasan kantor Lurah Palas. Kondisi ini tentu perlu dilakukan antisipasi. 

"Maka nantinya kita akan melaksanakan pelatihan penanggulangan bencana, baik banjir maupun karhutla dengan melibatkan pemuda, pemuda tempatan dan masyarakat. Sehingga mereka siap menghadapi jika terjadi banjir ataupun karhutla yang masih sering terjadi di wilayah Kelurahan Palas," paparnya.

Dari empat program strategis yang akan diterapkan kami optimis selain dapat meningkatkan perekonomian masyarakat juga masyarakat telah terlatih dan siap menghadapi jika terjadi banjir ataupun karhutla, sebutnya.

Dia juga berharap dukungan dan kerjasama dari para RT/RW dan masyarakat agar seluruh program yang tengah berjalan dan yang akan dilaksanakan bisa berjalan dengan baik. 

"Harapan dan impian kita bersama, yakni terwujudnya "Pekanbaru Smart City Madani"," pungkasnya. (jsR)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Wujudkan Langit Biru Polsek Pangkalan Kuras Terus Sosialisasi Maklumat Kapolda Riau Tentang Karhutla
Wujudkan Cinta Tanah Air, Polsek Bukit Kapur Bagikan Bendera Merah Putih ke rumah-rumah Warga
Satgas Yonif MR 413 Kostrad Wujudkan Papua Sehat
9 Kali Kalah Dalam Satu Musim, Ada Apa dengan Pep Guardiola?
Guardiola: Sane Bakal Tinggalkan Man City

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad
free web site hit counter