Home  / 
Masuk Kemarau, Karlahut Mulai Terjadi di Pelalawan
Senin, 29 Juni 2020 | 10:50:56
riaueditor
PEKANBARU, riaueditor.com - Kebakaran lahan dan hutan (Karlahut) diwilayah Kabupaten Pelalawan Provinsi Riau, sudah mulai terjadi. Cuaca kemarau dan tak turunnya hujan menyebabkan api cepat merambat ke lahan sekitar.

Karlahut di Kecamatan Bunut Kabupaten Pelalawan tepatnya dilahan konsesi hutan tanaman industri (HTI) PT Arara Abadi itu terjadi Minggu (28/6) siang.

Informasi yang dihimpun, pihak kepolisian dari Polres Pelalawan dan Polsek Bunut, TNI dan BPBD serta pihak perusahaan masih berusaha memadamkan api yang terjadi dilahan gambut tersebut. 

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, Edwar Sanger saat dikonfirmasi membenarkan adanya Karlahut di wilayahdi Kabupaten Pelalawan, Riau.

"Ya benar ada kebakaran lahan. Petugas gabungan masih berupaya memadamkannya. Untuk penyebabnya belum tahu," katanya, Senin (29/6/2020).

Edwar menjelaskan lokasi kawasan yang terbakar ini disekitar konsesi hutan tanaman industri (HTI) PT Arara Abadi. Saat ini, tim gabungan sudah melakukan proses pemadaman agar kebakaran tidak semakin meluas.

"Satgas udara akan melakukan water bombing di lokasi karlahut. Pagi ini tim akan bergerak dengan menggunakan tiga unit helikopter," ujarnya.

Kawasan yang terbakar, lanjut Edwar, merupakan lahan gambut. Kondisi ini menyulitkan untuk dilakukan pemadaman karena bara api masih menyala dibawah tanah. 

"Kita upayakan penanganan secara maksimal. Dan lokasi kebakaran ini masih di titik yang sama pada tahun lalu," tutur Edwar. (R11)


Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Antisipasi Karhutla Polsek Bandar Sei Kijang Galakkan Patroli
Sosialisasikan Larangan Karhutla, Kapolsek kerumutan Ajak Warga Tidak Membakar
Polsek Pangkalan Kerinci Lakukan Pencegahan Terhadap Karhutla
Polsek Bandar Sei Kijang Patroli Antisipasi Karhutla Diwilayah Hukumnya
Cegah Karhutla di Wilayahnya, Polsek Pangkalan Kuras Lakukan Sosialisasikan Maklumat Kapolda Riau

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad
free web site hit counter