SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1442 H
Home  / Nasional
Pak Prabowo, Ada 2 Kapal China Terdeteksi di Selat Sunda Nih!
Minggu, 18 April 2021 | 14:32:06
Foto: Tangkapan Layar Youtube Koarmada I
JAKARTA - Sebanyak dua kapal riset China terdeteksi melintasi perairan Selat Sunda, Banten, pada awal April lalu. Kapal-kapal asal Negeri Tirai Bambu berhasil terdeteksi pihak Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL).

Dalam video "Monitoring Dua Kapal Riset China Melintas Selat Sunda" yang diunggah melalui akun YouTube Komando Armada I (Koarmada 1) pada Senin (12/4/2021) lalu, terlihat dua kapal tersebut datang bergantian.

Pada 2 April 2021, kapal pertama, kapal penelitian Da Yang Hao, tertangkap radar sekitar pukul 11.23 WIB dari Samudera Hindia menuju Laut China Selatan.

Keesokan harinya, pada 3 April 2021, kapal kedua yang merupakan kapal pelacak satelit/rudal Yuanwang-6, tertangkap radar pada pukul 19.25 WIB di Selat Sunda. Kapal ini dikatakan melintas dalam kondisi langit gelap gulita.

Kabag Humas dan Protokol Bakamla RI Kolonel Bakamla Wisnu Pramandita buka suara mengenai terdeteksinya dua kapal China tersebut.

"Bakamla belum mengetahui tujuan lalu lintas kapal riset. Namun memang China sepertinya sedang meningkatkan kegiatan riset kelautannya di Samudera Hindia," kata Wisnu melalui pesan singkat kepada CNBC Indonesia pada Minggu (18/4/2021).

Saat ditanya apakah Bakamla tidak melihat aksi mencurigakan kapal-kapal itu di Selat Sunda seperti menurunkan jangkar, Wisnu menjawab, "Sementara normal."

Pihak TNI AL sebelumnya mengatakan tidak ada aktivitas mencurigakan yang dapat mengganggu keamanan RI dari kedua kapal penelitian China tersebut. Mereka juga menyatakan telah mengawasi dengan ketat aktivitas kapal dua kapal berbendera asing tersebut.

(CNBCIndonesia.com)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Disnakertrans Riau Terima 18 Pengaduan THR
IESPA Serahkan Donasi Kepada Keluarga KRI Nanggala-402
157 WNA China Kembali Tiba di Soekarno-Hatta Sabtu Ini
Polres Dumai Evakuasi ABK Kapal MT ARK Progress yang Positif Corona di Perairan Dumai
53 Prajurit KRI Nanggala-402 Mendapatkan Anugerah Kenaikan Pangkat Luar Biasa

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad
free web site hit counter