SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1442 H
Home  / Nasional
Isu Reshuffle, Ini Kata Jubir Jokowi soal Nasib Nadiem Makariem di Kabinet
Sabtu, 17 April 2021 | 14:04:55
(Liputan6/Lizsa Egeham)
Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah memanggil Fadjroel Rahman ke Istana.
JAKARTA - Juru Bicara Presiden Joko Widodo atau Jokowi, Fadjroel Rachman buka suara terkait isu reshuffle (perombakan) kabinet Indonesia Maju. Dia mengatakan bahwa Jokowi akan menunjuk sosok yang akan mengisi Kementerian Investasi dan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Dikbud-Ristek).

Isu reshuffle menguat usai DPR menyetujui peleburan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dengan Kementerian Riset, dan Teknologi (Kemenristek) serta pembentukan Kementerian Investasi.

"Kementerian Ristek dan BRIN (Badan Riset dan Inovasi) akan dihilangkan dan Badan Riset dan Inovasi Nasional akan menjadi badan sendiri," kata Fadjroel dilihat dari tayangan Instagram Live di akun instagram pribadinya, dilansir liputan6.com, Sabtu (17/4/2021).

Kendati begitu, dia mengaku tak mengetahui kapan dan siapa sosok yang akan mengisi dua kementerian tersebut. Termasuk, soal kepastian apakah Mendikbud Nadiem Makarim akan ikut di reshuffle atau justru akan menjabat Menteri Dikbud-Ristek.

"Kita tidak tahu kapan Presiden akan mengisi kedua kementerian ini. Satu, adalah investasi yang kedua adalah pengubahan, istilahnya apakah tetap Pak Nadiem atau ada yang lain yang tahu hanya Presiden Joko Widodo dan Allah," jelasnya.

Menteri Berinisial M?

Sebelumnya, anggota DPR RI dari Fraksi PKB Luqman Hakim membocorkan inisial nama menteri yang bakal dicopot Presiden Jokowi. Luqman hanya menyebut inisial menteri tersebut.

"Reshuffle anggota kabinet dengan inisial huruf M," ujar dia saat dikonfirmasi, Jumat (16/4/2021).

Luqman enggan membocorkan dari partai mana atau adakah nama lain yang akan digeser Jokowi. Saat ini, kata Luqman, semua pihak agar menunggu pengumuman resmi dari Presiden.

"Adalah hak presiden (reshuffle kabinet), kita semua tunggu sabar," ucapnya.

Adapun menteri dengan inisial M di kabinet adalah Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD, Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy, Menteri Perdagangan M Lutfi serta Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko.

(sumber: liputan6.com)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Presiden Jokowi Dijadwalkan Kunker ke Riau, 19 Mei Mendatang
Jokowi Ngomong Soal Bipang Ambawang, Mendag Lutfi Minta Maaf
Netizen Soroti Ajakan Jokowi Belanja Bipang Ambawang, Ternyata Babi Panggang
MA Perintahkan Cabut SKB 3 Menteri Soal Seragam Sekolah
Rakor Bersama Presiden, Alfedri Sampaikan Dua Arahan Presiden

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad
free web site hit counter