Home  / Nasional
Kasus COVID-19 Tembus Sejuta, Menkes: Ini Momen untuk Berduka dan Bekerja Sangat Keras
Selasa, 26 Januari 2021 | 18:11:08
(Foto: jabarprov.go.id)
Menkes Budi Gunadi Sadikin tentang pengadaan vaksin COVID-19.
JAKARTA - Menteri Kesehatan atau Menkes Budi Gunadi Sadikin menanggapi tembusnya satu juta kasus konfirmasi COVID-19 di Indonesia pada hari ini.

Dalam konferensi persnya dari Istana Kepresidenan Jakarta pada Selasa (26/1/2021), Budi mengatakan bahwa sejuta kasus infeksi virus corona di Indonesia harus direnungi dan dimaknai sebagai dua hal oleh semua pihak.

"Momen yang pertama adalah ini saatnya kita untuk berduka. Karena ada banyak saudara-saudara kita yang sudah wafat, ada lebih dari 600 tenaga kesehatan yang sudah gugur dalam menghadapi pandemi ini," kata Budi seperti dilansir liputan6.com.

"Dan mungkin sebagian dari keluarga dekat dan teman dekat kita juga sudah meninggalkan kita," Budi melanjutkan.

Selain itu, Budi mengatakan bahwa momen kedua adalah saatnya menyadari bahwa semua pihak harus sadar untuk terus bekerja sangat keras, sehingga pengorbanan yang dilakukan oleh tenaga kesehatan tidak sia-sia.

"Angka satu juta ini, memberikan satu indikasi, bahwa seluruh rakyat Indonesia harus bersama-sama dengan pemerintah bekerja bersama-sama untuk mengatasi pandemi ini dengan lebih keras lagi," kata Budi Gunadi.

Mengurangi Laju Penularan Virus Corona

Budi menegaskan bahwa untuk mengurangi laju penularan virus corona, masyarakat bersama semua pihak diminta untuk bekerja sangat keras untuk tetap disiplin dalam melakukan protokol kesehatan: memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak.

"Ini sangat susah dan tidak bisa dilakukan seorang diri, oleh pemerintah, tanpa bersama-sama rakyat, seluruh komponen bangsa membangun gerakan disiplin ini," ujarnya.

"Kita harus memastikan, kita harus bekerja keras, mengingatkan diri kita sendiri, mengingatkan teman-teman kita, mengingatkan keluarga kita dan seluruh rakyat yang ada di lingkungan kita, agar kita disiplin protokol kesehatan."

Selain disiplin protokol kesehatan, Budi mengatakan bahwa Kementerian Kesehatan bertanggung jawab untuk melakukan testing, tracing, dan juga isolasi.

"Kami di Kementerian Kesehatan akan bekerja keras, sangat keras, untuk memastikan bahwa program testing, program tracing atau pelacakan, dan program isolasi bisa kita lakukan dan eksekusi dengan baik."

(selengkapnya Baca Liputan6.com)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Update Corona: Kasus Meninggal Korban Covid-19 Bertambah 240 Jadi 35.254 per 24 Februari 2021
Update Covid-19 Riau: 116 Kasus Baru, Pasien Sembuh 60, 3 Meninggal Dunia
Total 35.000, Kasus Kematian Covid-19 RI Melesat Lagi
Alhamdulillah, Pasien Sembuh di Riau Bertambah 94 Orang, Kasus Baru 51 Orang
Update 22 Februari 2021: Tambah 10.180 Positif Covid-19 jadi 1.288.833 Kasus

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad
free web site hit counter