Home  / Nasional
Duh! Tito Geram, Awal September Realisasi APBD di Bawah 45%
Sabtu, 5 September 2020 | 17:53:08
(CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)
Foto: Menteri Dalam Negeri Jenderal Polisi (Purn) Muhammad Tito Karnavian
JAKARTA - Menteri Dalam Negeri Jenderal Polisi (Purn) Muhammad Tito Karnavian mengungkapkan realisasi terkini anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) provinsi dan kabupaten/kota. Tito mengklaim terjadi akselerasi dalam realisasi anggaran daerah.

"Per 2 September 2020, Kamis, provinsi sudah naik menjadi 44% dari 37%, kemudian kabupaten/kota meningkat dari 37% menjadi 42%," ujarnya dalam keterangan pers di kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jumat (4/9/2020).

Menurut Tito, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) terus mendorong agar realisasi belanja daerah betul-betul dilaksanakan. Sebab, rentang ke akhir tahun tinggal empat bulan lagi.

"Kalau belanjanya tidak terserap otomatis peredaran uang di masyarakat berkurang karena dalam situasi kondisi saat ini belanja pemerintah jadi belanja yang paling utama untuk mendorong ekonomi baik pusat dan daerah," kata Tito.

Dalam kesempatan yang sama, Tito menekankan, dalam mencegah Covid-19, Kemendagri memperkuat sosialisasi 3M (memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan). Salah satunya adalah program Gebrak Masker di berbagai daerah hasil kerja sama dengan PKK, TNI, Polri, dan elemen lain.

Kemudian, sebagai tindak lanjut dari Instruksi Presiden Nomor 6 Tahun 2020, pemerintah menginstruksikan agar ada peraturan daerah dibuat. "Ini lebih dari 20 daerah sudah memiliki perda atau perkada provinsi dan lebih dari 200 daerah perda perkada dengan adanya sanksi. Di antaranya sanksi social work, administrasi, dan denda," kata Tito.

(CNBCIndonesia.com)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Realisasi APBD Riau Bakal Naik Signifikan
Realisasi APBD Pelalawan 2020 Masih 55,44 Persen, 5 Paket Fisik Riskan Putus Kontrak
Pemprov Riau Ambil Hasil Evaluasi APBD-P 2020 ke Kemendagri
Kadisdik Wajibkan 25 Persen Guru Hadir di Sekolah
Evaluasi APBD Perubahan Kabupaten Kota di Riau Hampir Rampung

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad
free web site hit counter