Home  / Nasional
1,6 Juta PNS Bakal Dimutasi ke Desa, Kamu Sepakat?
Senin, 3 Agustus 2020 | 00:21:26
Foto: CNBC Indonesia/Muhammad Sabki
JAKARTA - Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi (Kemen PAN RB) akan memutasi sebanyak 1,6 juta pengawai negeri sipil (PNS) ke desa. Mereka berprofesi sebagai tenaga administrasi.

Menteri PAN RB Tjahjo Kumolo mengatakan mereka yang dimutasi ke desa akan menjadi tenaga pengajar hingga penyuluh yang akan disebar ke seluruh wilayah Indonesia.

"Memang 1,6 juta ini ke depan akan kita alokasikan untuk 700.000 tenaga pengajar yang sekarang sedang dipersiapkan KemenPANRB, Kemendikbud, Kementerian Keuangan, serta Kemendagri," kata Tjahjo, sepert dikutip MInggu (2/8/2020).

Mereka yang berprofesi sebagai tenaga administrasi ini juga akan menjadi tenaga kesehatan. Saat ini tenaga kesehatan di pedesaan jumlahnya terbatas.

"Masih kurang 260.000 tenaga kesehatan, baik itu dokter, perawat maupun bidan. Termasuk kurang 80.000 tenaga penyuluh di seluruh pedesaan, baik itu tenaga pertanian, pengairan, dan lain-lain," katanya.

Tjahjo menegaskan bahwa perampingan komposisi aparatur sipil negara ini merupakan bagian dari reformasi birokrasi yang digencarkan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Pemerintah ingin kas keuangan negara bisa lebih efisien dengan kebijakan ini.

"Fokusnya reformasi birokrasi dilakukan pada akar masalah kita. Pertama tata kelola pemerintahan, serta skala prioritas setiap instansi," katanya.

(CNBCIndonesia.com)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Polsek Bukit Raya Tindak 10 Pelanggar Protokol Kesehatan
Polsek Kerumutan Pasang Puluhan Baleho, Aturan Sanksi Pidana Bagi Masyarakat Berkerumun Saat Pandemi Covid-19
Polsek Langgam Lakukan Patroli Cegah Kejahatan dan Antisipasi Covid-19
Sambangi Tempat Keramaian Bhabinkamtibmas Polsek Pangkalan Kerinci Ajak Warga Patuhi Protokol Kesehatan
Wagubri: Mari Beri Dukungan Moril Pada Nakes Menangani Covid-19

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad
free web site hit counter