Home  / Nasional
Erick Belum Kelar Rombak BUMN, Besok Giliran JSMR & TINS
Rabu, 10 Juni 2020 | 17:31:29
(CNBC Indonesia/ Cantika Adinda Putri)
Foto: Menteri BUMN Erick Thohir
JAKARTA - Gelombang perombakan susunan pengurus perusahaan pelat merah oleh Menteri BUMN Erick Thohir tampaknya belum berhenti. Kamis besok (11/6/2020), ada dua perusahaan BUMN yang akan menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) dengan agenda perubahan susunan pengurus.

Emiten BUMN yang pertama yakni perusahaan pengelola jalan tol dan infrastruktur yakni PT Jasa Marga (Persero) Tbk (JSMR) yang akan menggelar RUPST pada 11 Juni pukul 10.00-selesai di kantor pusat perusahaan, Gedung B, Plaza Tol Taman Mini Indonesia Indah.

Sekretaris Perusahaan Jasa Marga M Agus Setiawan dalam keterbukaan informasi di Bursa Efek Indonesia (BEI) mengatakan ada sembilan agenda dalam rapat tersebut.

Agenda-agenda tersebut di antaranya Persetujuan Laporan Tahunan Perseroan Mengenai Keadaan dan Jalannya Perseroan Selama Tahun Buku 2019 Termasuk Laporan Pelaksanaan Tugas Pengawasan Dewan Komisaris Selama Tahun Buku 2019 dan Pengesahan Laporan Keuangan Perseroan Tahun Buku 2019 dan Pengesahan Laporan Tahunan Program Kemitraan dan Bina Lingkungan Tahun Buku 2019.

Lalu Penetapan Penggunaan Laba Bersih Perseroan Tahun Buku 2019 dan Penunjukan Kantor Akuntan Publik untuk Mengaudit Laporan Keuangan Perseroan Tahun Buku 2020 dan Laporan Keuangan Program Kemitraan dan Bina Lingkungan Tahun Buku 2020.

Lainnya yakni Penetapan Tantiem Tahun Buku 2019, Gaji, Honorarium dan Tunjangan serta Fasilitas Lainnya bagi Anggota Direksi dan Dewan Komisaris untuk tahun 2020, Laporan Direksi Mengenai Realisasi Penggunaan Dana Hasil Penawaran Umum, Realisasi Penggunaan Dana Hasil Penawaran Umum dan Perubahan Susunan Pengurus Perseroan.

Sebagai informasi, susunan pengurus perusahaan berdasarkan laporan keuangan Desember 2019 yakni:

Komisaris JSMR

Komisaris Utama: Sapto Amal Damandari

Komisaris: Muhammad Sapta Murti

Komisaris: Anita Firmanti Eko

Komisaris: Susetyowati

Komisaris: Sugihardjo

Komisaris: Agus Suharyono

Komisaris Independen: VIncentius Sonny Loho

Direksi JSMR

Direktur Utama: Desi Arryani

Direktur Keuangan: Donny Arsal

Direktur Pengembangan Usaha: Adrian Priohutomo

Direktus Bisnis: Mohammad Sofyan

Direktur Operasi: Subakti Syukur

Direktur Human Capital & Transformasi: Alex Denni

Emiten BUMN kedua yang akan menggelar RUPST besok yakni PT Timah Tbk (TINS), anak usaha dari PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum) atau MIND ID sebagai holding dari BUMN pertambangan.

Akankah Direksi PT Timah Dirombak Erick Lagi?

Sekretaris Perusahaan Timah, Abdulllah Umar, mengatakan dalam keterbukaan informasi di BEI bahwa ada 7 agenda yang akan dilangsungkan dalam RUPST Kamis besok. RUPST akan digelar pada 11 Juni pukul 14.00 WIB sampai selesai di Ballromm Hotel Borobudur Jakarta.

Timah sebetulnya sudah menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) pada 10 Februari 2020. Ketika itu Erick Thohir memutuskan untuk mengangkat 3 komisaris baru dan 2 direktur baru.

Dalam RUPSLB tersebut, Erick memberhentikan secara terhormat Komisaris Utama/ Independen Fachri Ali, Komisaris Teuku Pribadi, Direktur Keuangan Emil Ermindra, dan Direktur Pengembangan Usaha Trenggono Sutioso.

Komisaris yang diangkat yakni M Alfan Baharudin (Komisaris Utama) sekaligus Komisaris Independen, Satriya Hari Prasetya sebagai Komisaris Independen dan Rustam Effendi sebagai Komisaris.

Adapun dua direktur yang diangkat yakni Wibisono sebagai Direktur Keuangan dan Agung Pratama sebagai Direktur Operasi dan Produksi.

Berikut susunan direksi dan komisaris PT Timah dalam RUPSLB 10 Februari silam:

Komisaris TINS

Komisaris Utama/ Indipenden: Alfan Baharudin

Komisaris Independen: Satriya Hari Prasetya

Komisaris: Rudy Suhendar

Komisaris: Bambang Sunarwibowo

Komisaris: Rusman Effendi

Direksi TINS

Direktur Utama: Riza Pahlevi Tabrani

Direktur Keuangan: Wibisono

Direktur Operasi dan Produksi: Agung Pratama

Direktur Pengembangan Usaha: Alwin Albar

Direktur Niaga: Purwoko

Direktur Sumber Daya Manusia: Muhammad Rizki

Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga mengatakan dalam kesempatan sebelumnya bahwa Menteri BUMN Erick Thohir belum berhenti merombak jajaran direksi dan komisaris perusahaan BUMN.

"Ada [pergantian direksi]. Ada beberapa sektor, tunggu saja, pasti ada," kata Arya dalam wawancara dengan CNBC Indonesia TV, Selasa (12/4/2020).

Kamis pekan lalu (4/6), PT Adhi Karya Tbk (ADHI) menyelenggarakan RUPST dan perseroan merombak jajaran komisaris dan direksi. Beberapa nama yang diganti adalah Fajroel Rachman, yang sebelumnya menjabat Komisaris Utama ADHI, posisinya digantikan Dodi Usoho Hargo.

Tak hanya itu, ada beberapa nama baru yang masuk ke jajaran komisaris, salah satunya pengamat perpajakan Yustinus Prastowo.

Sedangkan pemegang saham Adhi Karya juga menyetujui perombakan direktur utama ADHI, yang sebelumnya dijabat Budi Harto digantikan oleh Entus Asnawi Mukhson. Entus sebelumnya menjabat sebagai Direktur Keuangan ADHI.

Perombakan direksi juga terjadi di PT Wijaya Karya Tbk (WIKA). Setelah dua direkturnya dipindahkan ke BUMN karya lainnya, kali ini direktur utama perusahaan ini juga berganti. Tumiyana yang menjadi pucuk pimpinan di perusahaan ini digantikan oleh Agung Budi Waskito yang sebelumnya adalah direktur.

Di sisi lain, Direktur Utama PT Hutama Karya (Persero) yang sebelumnya dijabat oleh Bintang Perbowo, dalam RUPST Jumat (5/6/2020) digantikan oleh Budi Harto. Budi Harto sebelumnya merupakan direktur utama di sister company HK, yakni Adhi Karya.

Beberapa agenda di antaranya persetutujuan laporon tahunan direksi, pengesahan laporan tahuann, penetapan penggunaaa laba bersih termasuk pembagian dividen untuk tahun buku 2029 dan persetujuan perubahan susunan pengurus perusahaan.

(CNBCIndonesia.com)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Faisal Basri Usul Kementerian BUMN Dihapus
Breaking News: Jokowi Rombak Habis Aturan Penyelamatan Bank!
Erick Thohir Copot Dirut Asabri
Staf Erick Thohir Respons Adian soal Direksi BUMN Titipan
Adian Ungkap Jokowi Minta Nama Komisaris BUMN dari Aktivis 98

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad
free web site hit counter