Home  / Nasional
Yuri: Jangan Anggap Cuci Tangan, Pakai Masker, dan Jaga Jarak Tidak Penting
Sabtu, 30 Mei 2020 | 20:52:01
(Foto: Istimewa)
Juru Bicara Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto.
KASUS konfirmasi positif covid-19 di Indonesia masih memperlihatkan kurva kenaikan kasus. Per Sabtu 30 Mei 2020, angka kasus positif bertambah 557, sehingga total menjadi 25.773 kasus.

Angka ini tentu menjadi bukti bahwa virus corona masih ada di tengah masyarakat. Maka itu, perlu diingatkan lagi kepada masyarakat untuk menjalankan protokol kesehatan, seperti cuci tangan dengan sabun dan air mengalir, jaga jarak aman, dan mengenakan masker saat berada di luar rumah.

"Adanya penambahan kasus positif covid-19, kami yakini masih terjadi penularan di tengah masyarakat, masih ada orang yang membawa virus, dan masih ada saudara kita yang rentan tertular. Ingat, kita tidak tahu siapa yang ada di luar dan mungkin saja ada orang membawa virus tanpa gejala apa pun, mereka tak merasa sakit," terang Juru Bicara Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto di Graha BNPB, Jakarta, Sabtu (30/5/2020).

Oleh karena itu, Yurianto terus berharap masyarakat tidak keluar rumah jika dirasa tidak perlu. Sebab, risiko terpapar virus corona saat berada di luar rumah masih cukup tinggi, terlebih jika tidak rajin mencuci tangan setelah memegang fasilitas umum.

Sementara untuk masyarakat yang harus keluar rumah diharapkan mematuhi protokol kesehatan dan menjalankannya dengan disiplin.

Ia menegaskan bahwa dibutuhkan perubahan perilaku. Yurianto berharap agar masyarakat tidak lagi menganggap sepele cuci tangan dengan sabun, pakai masker, dan jaga jarak aman.

"Tidak bisa lagi menganggap cuci tangan dengan sabun, pakai masker, dan jaga jarak enggak penting. (Masyarakat harus ingat) bahwa covid-19 belum memiliki vaksinnya sampai sekarang. Oleh karena itu, ayo melindungi diri kita, keluarga, dan orang lain," tambahnya.

Kasus covid-19 per 30 Mei secara detail bisa dijelaskan, jumlah total kasus positif mencapai 25.773 kasus, pasien yang masih dirawat sebanyak 17.185 orang, kasus sembuh 7.015 kasus, dan kasus meninggal sebanyak 1.573 kasus.

(okezone.com)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Dua dari Tiga Pasien Covid-19 Riau Tak Memiliki Riwayat Perjalanan
Warga Minta Tenaga Kerja Asal Sumsel Dirapid Test Sebelum Masuk ke PT IKPP
Ganjar Pranowo Bantah Solo Zona Hitam Corona
Update Corona 14 Juli: 78.572 Positif, 37.636 Sembuh
Peduli Terhadap Kesehatan, Satgas Yonif 125 Berikan Pelayanan Kesehatan Kepada Warga Perbatasan

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad
free web site hit counter