Home  / Nasional
Sah! Ahmad Riza Patria Terpilih Jadi Wagub DKI Jakarta
Senin, 6 April 2020 | 14:34:50
(Foto: Ari Saputra)
Foto: Ketua DPP Gerindra Ahmad Riza Patria
JAKARTA - Politikus Partai Gerakan Indonesia Raya Ahmad Riza Patria terpilih sebagai wakil gubernur DKI Jakarta untuk sisa masa jabatan 2017-2022. Kepastian itu diperoleh dalam rapat paripurna DPRD DKI Jakarta terkait pemilihan wagub DKI Jakarta di gedung DPRD DKI Jakarta, Senin (6/4/2020).

Dalam pemungutan suara, Riza mengumpulkan 81 suara. Sedangkan pesaingnya dari Partai Keadilan Sejahtera Nurmansjah Lubis hanya mengumpulkan 17 suara. Jumlah suara sah 98, sedangkan tidak sah 2 suara. Dengan demikian total suara sah sebanyak 100 suara.

Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi sebagai pemimpin sidang kemudian mengesahkan Riza sebagai wagub terpilih DKI Jakarta.

"Berdasarkan hasil perhitungan suara wagub sisa masa jabatan, menetapkan saudara Ir Ahmad Riza Patria menjadi wakil gubernur DKI Jakarta sisa masa jabatan 2017-2022," kata Prasetyo seperti dilansir cnnindonesia.com.

Karena ada suara tidak sah, Prasetyo kemudian meminta persetujuan pada peserta sidang.

"Apakah saudara-saudara dapat menerima dan menyetujui hasil perhitungan suara dan saudara Ahmad Riza Patria ditetapkan sebagai wakil gubernur 2017-2022. Untuk keputusan DPRD dapat disetujui?," tanya Prasetyo.

"Setuju!," jawab anggota DPRD DKI Jakarta yang mengikuti rapat paripurna.

Untuk selanjutnya, kata Prasetyo, hasil rapat paripurna ini akan disampaikan kepada Presiden melalui Kementerian Dalam Negeri.

Dengan hasil ini, Riza akan mengisi kekosongan posisi yang ditinggalkan Sandiaga Salahuddin Uno pada 2018. Saat itu, Sandi, rekan separtai Riza, memutuskan mundur dari posisi wagub DKI Jakarta lantaran mengikuti Pilpres 2019-2024.

Dalam pilpres itu, Sandi yang berpasangan dengan Prabowo Subianto harus kalah dari pasangan Joko Widodo-KH Ma`ruf Amin. Prabowo-Sandi mendapatkan suara sebanyak 68.650.239 atau 44,50 persen. Sementara Jokowi-Ma'ruf mengumpulkan 85.607.362 atau 55,50 persen.

(CNBCIndonesia.com)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Lebaran Kedua, Gubri dan Wagubri Silaturahmi dengan Keluarga
Ajudan Wagub Sumut Positif Covid, Pulang ke Aceh Tak Lapor
Update Corona Jakarta 28 April: 3.950 Positf, 379 Meninggal
Anggota DPR RI Achmad Bagikan 1000 Paket Sembako
Pemerintah Sudah Terima Hasil Riset soal Kasus Tak Terdeteksi

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad