Home  / Nasional
Sempat Ramai Anies Mau `Lockdown` DKI, tapi Ditolak Jokowi
Sabtu, 4 April 2020 | 12:54:10
(Foto: Tangkapan Layar Youtube Pemprov DKI)
Foto: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memberi keterangan pers "Media Update Penanganan COVID-19 Jakarta".
JAKARTA - Presiden Joko Widodo menolak untuk mengabulkan permintaan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk melakukan karantina wilayah di wilayahnya. Jokowi menegaskan pemerintah hanya akan memberikan kebijakan pembatasan sosial berskala besar (PSSB).

Juru Bicara Presiden Fadjroel Rachman menuturkan karantina wilayah sama sekali tidak menjadi opsi yang diputuskan oleh pemerintah pusat. Sementara kebijakan karantina wilayah sepenuhnya menjadi kewenangan pemerintah pusat.

"Tidak diterima. Itu otomatis," kata Fadjroel, seperti dikutip Selasa (31/3/2020).

Lalu apa sebab Jokowi menolak untuk menerapkan karantina wilayah ini?

Fadjroel menjelaskan, belajar dari kondisi yang terjadi di Italia dan India, keputusan lockdown yang diterapkan di kedua negara ini justru memicu terjadinya kekacauan sosial.

Namun demikian, opsi ini bisa disebut bisa dilaksanakan di tingkat RT/RW atau desa. Sedangkan untuk melakukan karantina wilayah, keputusan penerapannya harus disampaikan langsung oleh Presiden.

"Kalau tingkat nasional atau provinsi itu harus di tangan presiden. Tapi presiden tidak mengambil karantina wilayah," tegasnya.

Sebagai informasi, Anies Baswedan mengaku telah mengirimkan surat kepada pemerintah pusat yang berisi permintaan untuk memberlakukan karantina wilayah di sejumlah wilayah Ibu Kota.

Surat tersebut tertulis tanggal 28 Maret dan diterima pemerintah pusat 29 Maret 2020 lalu. Adapun keberadaan surat tersebut diakui oleh Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD.

"Suratnya bernomor 143 tertanggal 28 Maret 2020, diterima tanggal 29 Maret 2020 sore. Isinya minta pertimbangan pemberlakuan karantina wilayah," kata Mahfud, melalui pesan singkat.

(CNBCIndonesia.com)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Ancam Jokowi, Ruslan Buton Dijerat Pasal Berlapis
Cerita M Nuh Sempat Loncat-loncat Menang Lelang Motor Jokowi
Tidak Ada Open House, Presiden Jokowi Rayakan Idul Fitri di Istana Bogor
Reklamasi Dinilai Jadi Pertarungan Kebijakan Jokowi dan Anies
Ketua MPR Minta Polisi Lepaskan Pemenang Lelang Motor Jokowi

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad