Home  / Nasional
Selain Istiqlal, Sejumlah Masjid di Jakarta Juga Tiadakan Salat Jumat
Jumat, 20 Maret 2020 | 11:34:47
(AP Photo/Vincent Thian)
Umat muslim Malaysia berdoa saat melaksanakan ibadah salat Jumat dengan mempersingkat khotbah di Masjid Nasional di Kuala Lumpur, Jumat (13/3/2020). Malaysia memutuskan tetap melakukan salat Jumat, tetapi dengan pedoman yang ketat pasca-penyebaran virus corona COVID-19.
JAKARTA - Sejumlah masjid di Jakarta memutuskan meniadakan sholat Jumat selama dua minggu seiring makin merebaknya virus corona atau Covid 19. Beberapa masjid yang meniadakan salat Jumat seperti di Masjid Alfajar dan Masjid Faturrahman, yang keduanya berada di Ciracas, Jakarta Timur.

Salah seorang pengurus Masjid Alfajar, Ahfitomo mengaku, pihaknya memutuskan meniadakan salat Jumat.

"Berdasarkan hasil rapat DKM masjid Alfajar 18 Maret 2020 dan arahan serta instruksi Gubernur DKI Jakarta, MUI Pusat, MUI DKI JAKARTA, DKM DKI Jakarta, hari ini 19 Maret 2020, salat Jumat ditiadakan," kata Tomo, Jakarta, Jumat (20/3/2020).

Tak hanya meniadakan salat Jumat saja, tapi juga meniadakan salat lima waktu lainnya secara berjamaah di Masjid.

"Mulai Jumat, 20 Maret 2020 sampai dua pekan ke depan Masjid Alfajar tidak menyelenggarakan salat berjamaah 5 waktu dan tidak menyelenggarakan atau menunda salat Jumat," jelasnya.

Selain itu, Masjid Nurul Ihsan dan Masjid An-Nur yang berada di Pejaten Timur, Pasar Minggu, Jakarta Selatan juga meniadakan salat Jumat. Hal itu disampaikan oleh Desi Demianti salah seorang warga yang tinggal dekat dengan Masjid tersebut.

"Masjid Nurul Ihsan menyiarkan untuk tidak salat Jumat selama 2 minggu kedepan," ujar Desi.

"An-Nur enggak (ada salat Jumat)," tambahnya.

Namun, beberapa masjid juga masih ada yang tetap melaksanakan salat Jumat. Salah satunya yakni Masjid Baiturrahman yang berada di Beji, Depok, Jawa Barat. Dalam pengumumannya, masjid tersebut tetap melakukan solat Jumat.

"Diberitahukan bahwa hari ini di Masjid Baiturrahman tetap salat Jumat dengan membawa sajadah masing-masing," kata salah seorang pengurus masjid dengan menggunakan pengeras suara.

(liputan6.com)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
MUI: Salat Jumat Dua Gelombang Tidak Sah
Jakarta Akan Terapkan Pembatasan Sosial Tingkat RT/RW
1 Keluarga di Bekasi Positif Corona Usai Sholat Id Berjamaah di Masjid
Niat dan Tata Cara Salat Idul Fitri di Rumah
Pandemi Corona, Masjid di Amerika Tetap Gelar Sholat Idul Fitri

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad