Home  / Nasional
Tiba di Sebaru Kecil, 188 WNI Jalani Pemeriksaan Kesehatan
Jumat, 28 Februari 2020 | 19:23:37
(CNN Indonesia/Yogi Anugrah).
188 WNI ABK World Dream yang diangkut dengan KRI Soeharso tiba di Pulau Sebaru Kecil untuk menjalani observasi pencegahan virus corona.
JAKARTA - Sebanyak 188 WNI langsung menjalani tes kesehatan saat tiba di Pulau Sebaru Kecil, Kepulauan Seribu, Jumat (28/2) sore untuk menjalan observasi pencegahan virus corona. Pemeriksaan terhadap ratusan WNI ABK Kapal World Dream itu merupakan lanjutan dari pemeriksaan kesehatan selama dalam perjalanan di KRI Soeharso.

"Cek kesehatan, mengambil sampel darah yang kemarin belum selesai di kapal, kita lanjutin di darat," kata Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) I Laksamana Madya Yudo Margono, di Pulau Serabu Kecil.

Para WNI itu juga disemprot carian disinfektan ketika menginjakkan kaki di Pulau Sebaru Kecil. Setelah itu mereka dibekalkan pakaian baru dan langsung menuju ke ruang masing-masing yang sudah disiapkan.

Yudo mengatakan, ada 763 petugas gabungan yang terlibat dalam proses observasi selama 14 hari ke depan.

"Yang berada di dalam sini sekitar 230-an orang, standby di ring 1, ring 2, pendukung, maupun pendamping," ucap dia.

Salah seorang petugas kesehatan di Pulau Sebaru Kecil, Dokter Erlan Samoedro mengatakan di Pulau Sebaru Kecil juga sudah disiapkan mini rumah sakit beserta ruang isolasi untuk mendukung proses observasi 188 WNI ini.

"Juga ada psikolog, serta 4 dokter spesialis yang disiapkan, spesialis paru, jantung, anestesi dan penyakit dalam," ucap Erlan.

Diketahui KRI Soeharso sudah tiba di perairan Pulau Sebaru Kecil sejak pukul 13.15 WIB. Namun mereka baru dipindahkan menggunakan Landing Craft Utility (LCU) milik TNI sekitar pukul 16.30 WIB untuk selanjutnya ke Pulau Sebaru Kecil.

Selain 188 WNI ABK World Dream, sedianya Pulau Sebaru Kecil juga menjadi lokasi observasi terhadap 68 WNI ABK Kapal Pesiar Diamond Princess. Saat ini 23 orang tim evakuasi sudah terbang ke Jepang untuk menjemput mereka dan diperkirakan tiba kembali di Tanah Air, Minggu (1/3).

(cnnindonesia.com)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Ekonomi Sulit Mulai Dirasa UKM dan Pekerja Non Formal di Pelalawan
Terawan Teken Permenkes Pedoman PSBB Corona
Update Covid-19 di Pelalawan, 2 Positif, 11 PDP, 491 ODP Tersebar di 12 kecamatan
Update Corona 4 April: 2.092 Kasus, 191 Meninggal, 150 Sembuh
DPR Minta Erick Perluas Diskon Listrik ke Pelanggan 1.300 VA

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad