Home  / Nasional
Punya 8 Tambang Raksasa, Ini Total Cadangan Emas RI
Senin, 24 Februari 2020 | 20:01:45
Foto: S1AEUITDZFAAREUTERS/File Photo
JAKARTA - Indonesia memang kaya akan kandungan mineral salah satunya adalah emas. Baru-baru ini PT Sumbawa Timur Mining (STM) mengumumkan penemuan deposit bijih tembaga emas Onto di wilayah Kecamatan Hu'u Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Kepala Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Rudy Suhendar mengatakan total cadangan bijih emas Indonesia tahun 2019 tercatat 3,5 miliar ton, dengan kandungan logam emas 4,6 ribu ton. Dirinya menerangkan, selain yang telah berproduksi masih banyak lokasi-lokasi lain yang memiliki prospek.

"Yang masih dalam tahapan eksplorasi termasuk di antaranya prospek Onto di Bima NTB," ungkapnya kepada CNBC Indonesia, Senin, (24/02/2020).

Sehingga data yang tercatat masih dalam bentuk sumber daya (belum cadangan) dan total sumber daya bijih emas Indonesia pada tahun 2019 sebesar 14,95 miliar ton dengan kandungan logam emas 13,3 ribu ton.

Lebih lanjut dirinya menerangkan, emas terbentuk dalam batuan bersama mineral-mineral logam lainnya, seperti tembaga dan perak. Jika memiliki nilai ekonomi serta bisa diekstraksi maka batuan mengandung emas tersebut disebut dengan bijih emas yang mengandung mineral ikutan lainnya seperti perak dan atau tembaga.

Menurutnya, bijih emas di Indonesia tersebar di seluruh wilayah daratan dan kemungkinan juga di lautan. Di Pulau Sumatera, tambang emas yang sudah berproduksi adalah Martabe -Tapanuli Selatan, Sumatera Utara, Berenai - Musi Rawas Sumatera Selatan. Lalu Tambang Sawah - Rejang Lebong Bengkulu, Way Linggo - Tanggamus Lampung.

"Di Pulau Jawa Cibaliung - Pandeglang Banten, Pongkor - Bogor Jawa Barat, Tumpangpitu-Banyuwangi Jawa Timur, di Nusa Tenggara Batuhijau - Sumbawa NTB, di Sulawesi Bakam -Bolaang Mongondow Sulawesi Utara, Doup - Bolaang Mongondow Timur, Sulawesi Utara, di Maluku Toguraci-Gosowong Halmahera Timur Maluku Utara, dan di Papua Big Gossan - Grasberg di Mimika Papua," imbuhnya.  

(cnbcindonesia.com)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Polda Riau Berikan Bantuan Sembako ke Masyarakat Terdampak Langsung Covid 19
Google Luncurkan Pusat Berita Khusus Corona Covid-19
Bansos Pendidikan Mahasiswa Kurang Mampu Pemprov Riau Segera Cair
Soal APD, Diskes Monitoring 14 Puskesmas di Pelalawan
`RI Terbitkan Surat Utang Dolar Terbesar Sepanjang Sejarah`

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad