Home  / Nasional
Sri Mulyani Bidik Potensi Cukai Rp6,25 T dari `Teh Botol` Dkk
Rabu, 19 Februari 2020 | 14:54:56
(CNN Indonesia/Elisa Valenta Sari)
Sri Mulyani mengincar pendapatan Rp6,25 triliun dari pengenaan cukai teh kemasan, minuman berkarbonasi dan berenergi.
JAKARTA - Menteri Keuangan Sri Mulyani berencana mengenakan cukai pada teh kemasan, minuman berkarbonasi, kopi, minuman energi dan konsentrat. Untuk minuman berpemanis dalam bentuk kemasan, rencananya besaran cukai yang dikenakan sebesar Rp1.500 per liter.

Sementara itu, untuk minuman berkarbonasi, kopi, minuman berenergi dan konsentrat, besaran cukai yang akan dikenakan Rp2.500 per liter.

Rencana pengenaan tersebut Rabu (19/2) ini telah diusulkan ke DPR. Sri Mulyani menghitung kalau usulan pengenaan cukai tersebut disetujui negara bisa mendapatkan pemasukan sampai dengan Rp6,25 triliun.

Potensi pendapatan tersebut dihitung dari tiga komponen yang semuanya dihitung berdasarkan data 2015. Pertama, produksi dan penjualan teh kemasan.

Data yang dimilikinya, penjualan teh kemasan mencapai 2.191 juta liter per tahun pada 2015. Kalau cukai Rp1.500 per liter dikenakan, negara akan mendapatkan pendapatan Rp2,7 triliun.

Kedua, produksi minuman karbonasi yang berdasar data 2015, produksinya mencapai 747 juta liter. Kalau cukai sebesar Rp2.500 per liter dikenakan, negara bisa mendapatkan pendapatan Rp1,7 triliun.

Sedangkan ketiga, produksi minuman berenergi, kopi, konsentrat dan lain-lain yang jumlahnya mencapai 808 juta liter. Kalau tarif cukai sebesar Rp1,85 triliun jadi dikenakan, negara akan mendapatkan pendapatan Rp1,87 triliun.

(cnnindonesia.com)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Pengumuman! Tarif Cukai Rokok Bakal Naik Lagi
Polisi Ringkus 2 Pejabat Bea dan Cukai Terkait Narkoba
5 Rekomendasi Racikan Teh untuk Mengatasi Sakit Perut
82 Pabrik Rokok Dapat Penundaan Bayar Cukai Rp18,1 Triliun
Ada Kabar dari Rusia Soal Sukhoi yang Dibidik Prabowo, Simak!

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad
free web site hit counter