Home  / Nasional
Yuk Intip Berapa Sih Gaji Menteri dan Tunjangannya
Jumat, 7 Februari 2020 | 20:19:48
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati
JAKARTA - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati bercanda di depan pengusaha kelas kakap yang hadir dalam acara business gathering dengan tema outlook perekonomian dan fiscal policy di 2020.

Dalam acara itu hadir sekitar 1000 pengusaha yang tergabung dalam Kamar Dagang Industri (Kadin), Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) hingga Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi).

Sri Mulyani mengatakan, sebagai seorang menteri keuangan, tugas yang dijalankan tidaklah mudah dalam mengelola keuangan negara. Apalagi di tengah tekanan yang datang dari banyak sisi. Tugasnya bahkan lebih berat dari para direktur keuangan suatu perusahaan.

"Tahun ini belanjanya Rp 2.500 triliun, tapi belanjanya banyak sampai transfer ke daerah dan Dana Desa. Tapi gaji saya sama gaji CFO (Direktur Keuangan) bapak/ibu, lebih tinggi CFO bapak/ibu, bahkan di situ ada yang overpaid," candanya di Hotel Indonesia Kempinski, Jumat (7/2/2020).

Memang berapa sih gaji seorang Menteri?

Untuk diketahui, tunjangan menteri diatur dalam Keputusan Presiden Republik Indonesia No. 68 Tahun 2001. Sesuai Kepres tersebut, menteri negara menerima tunjangan sebesar Rp 13.608.000 setiap bulan.

Adapun, gaji menteri diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 60 tahun 2000. Gaji pokok para menteri adalah sebesar Rp 5.040.000. Jika ditotal, gaji dan tunjangan yang diterima Menteri sebesar Rp 18.648.000/bulan.

Itu saja? Eits, nanti dulu. Beberapa Menteri telah mendapatkan tunjangan kinerja juga lho!

Misalnya, Menteri Komunikasi dan Informatika. Presiden Joko Widodo mengeluarkan Peraturan Presiden Nomor 3 Tahun 2020 tentang Tunjangan Kinerja Pegawai di Lingkungan Kementerian Komunikasi dan Informatika di mana Johnny Plate mendapatkan tukin Rp 49,86 juta. Tunjangan kinerja ini setara dengan 150% dari tukin pada kelas jabatan tertinggi di Kominfo.

Dalam Perpres No.3/2020 disebutkan bahwa tunjangan kinerja diberikan setelah mempertimbangkan penilaian reformasi birokrasi, capaian kinerja organisasi, dan capaian kinerja individu.

Selain itu, tunjangan Kinerja saat juga akan diberikan kepada pegawai di lingkungan Kominfo yang diperbantukan/dipekerjakan pada badan/instansi lain di luar Kominfo.

Tim Riset CNBC Indonesia pernah mencatatkan, nilai tersebut belum termasuk operasional hingga kinerja dan protokoler. Bahkan ada dana taktis menteri yang beberapa mantan pejabat menyebut bisa sampai Rp 100-150 juta.

Begitulah kurang lebih gaji seorang Menteri. Boleh juga ya...

(cnbcindonesia.com)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Sri Mulyani Sebut ASN Golongan I, II, dan III Tetap Dapat THR dan Gaji Ke-13
Ulama Aceh Pertanyakan Edaran Menag soal Salat Tarawih
Sri Mulyani Sudah Amankan THR PNS, TNI dan Polri
Duh, THR PNS & Gaji 13 Terancam Tak Dibayar Pemerintah!
Filri Sebut Usul Naik Gaji Rp300 Juta Sejak Era Agus Rahardjo

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad