Home  / Nasional
Kuota BBM Jebol, ESDM: Banyak Penyimpangan di Depan Mata
Senin, 30 Desember 2019 | 15:18:43
(CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)
Foto: Menteri ESDM Arifin Tasrif
JAKARTA - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif menyadari soal fenomena konsumsi bahan bakar minyak subsidi yang kerap jebol, atau lewat kuota. Meski sudah melalui proses penghitungan, selalu ada defisit.

Penyebabnya, kata Arifin, tak lain karena masih banyaknya penyimpangan dalam distribusi BBM subsidi. "Tadi disampaikan BPH,  banyak penyimpangan terjadi, ada dua hal yang bisa kita sampaikan. Kurangi dan eliminasi masalah penyimpangan ini," kata Arifin, di kantor BPH Migas, Senin (30/12/2019).

Ia meminta agar masyarakat turut mengawasi dan pelaku cepat menyadari dan pemangku kepentingan di daerah juga berikan pengawasan.

Selain itu, Arifin juga menekankan penggunaan teknologi untuk pengawasan seperti digitalisasi noozle. "Di 2020 sudah separuh, harapan selesai semua. Penyimpangan ini saya ikut saksikan terutama di daerah, pengisian dilakukan di depan mata."

Arifin juga menekankan pentingnya pendataan, di mana seiring dengan pertumbuhan ekonomi perlu ada koreksi alokasi subsidi. "Ini membutuhkan upaya semua pihak, meningkatkan tingkat pendataan masyarakat kita dan upaya kita alokasikan, harus jadi concern semua pihak."

Menurutnya, ada banyak opsi langkah penghematan BBM yang bisa dilakukan di Indonesia. Baik mulai dari program substitusi dengan penggunaan sumber energi dari dalam negeri, sehingga kita berdaulat pada energi.

(cnbcindonesia.com)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Pertamina Buka Ruang Penurunan Harga BBM Bulan Ini
Satgas Trisula Bakamla RI Tangkap Kapal Diduga Transfer BBM Ilegal di Perairan Lampung
Estimasi Kuota Haji Riau Tahun 2020 Sebanyak 5.030 JCH
Kacau! Ada Kapal RI Ketahuan Ngoplos BBM ke Singapura
Gunakan Tangki Modifikasi, Aksi Pelansir BBM Resahkan Warga Rohul

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad