Home  / Nasional
Prabowo Jadi Menhan: Kemenhan Kementerian Anggaran Terbesar
Selasa, 22 Oktober 2019 | 03:32:04
(CNBC Indonesia/Tri Susilo)
Foto: Prabowo Subianto Tiba di Istana Negara
JAKARTA - Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto, bakal menepati posisi Menteri Pertahanan dalam kabinet Jokowi jilid II. 

Prabowo menegaskan siap membantu pemerintahan Jokowi-Ma'ruf setelah diminta oleh Jokowi. "Saya diminta membantu beliau di bidang pertahanan," kata Prabowo.

Seperti apa lembaga yang bakal ditempati oleh Prabowo ini?

Salah satu yang menonjol dari Kementerian Pertahanan adalah soal anggaran. Pada 2020, Kementerian Pertahanan (Kemenhan) mendapatkan porsi anggaran terbesar dibandingkan kementerian lain.

Berdasarkan catatan CNBC Indonesia, Menteri Keuangan 2014-2019 Sri Mulyani Indrawati pernah menjelaskan anggaran Kemenhan jadi yang terbesar dalam konferensi pers tentang APBN Tahun Anggaran 2020 beserta nota keuangan , Jumat (16/8/2019) di kantor pusat Direktorat Jenderal Pajak, Kementerian Keuangan.

Sri Mulyani membeberkan Kementerian Pertahanan mendapatkan alokasi anggaran Rp 127,4 triliun. Lebih besar dibandingkan posisi kedua yang ditempati Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat senilai Rp 120,2 triliun.

Dalam kesempatan terpisah, Jokowi juga pernah menyampaikan bahwa anggaran pertahanan meningkat drastis. Hal itu sebagai bentuk komitmen terus meningkatkan kesejahteraan prajurit. Jokowi berjanji meningkatkan tunjangan kinerja TNI pada 2020.

"Pemerintah terus berusaha meningkatkan kesejahteraan dan fasilitas kerja bagi prajurit TNI, anggaran pertahanan tahun 2019 yang Rp 121 triliun akan dinaikkan menjadi lebih dari Rp 131 triliun di tahun 2020. Pemerintah terus mengupayakan kredit perumahan untuk prajurit hingga jangka waktu 30 tahun dan akan meningkatkan tunjangan kinerja TNI menjadi 80 persen di tahun 2020," kata Jokowi dalam peringatan HUT ke-74 TNI di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, seperti dikutip dari detikcom, Sabtu (5/10/2019). 

(cnbcindonesia.com)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
LSI Denny JA: Kepercayaan Publik Terhadap Jokowi Menurun
Ultimatum Jokowi ke Penegak Hukum: Jangan Gigit yang Benar!
Pemerintahan Jokowi Luncurkan Portal Aduan Khusus PNS Radikal
Terungkap, Petral Jadi Kasus Besar di KPK yang Jokowi Tunggu!
Tambah Wamen, Siasat Jokowi Redam Gejolak Koalisi

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad