Home  / Nasional
Dear Warga Jabar, Mau Ngga Ibu Kotanya Pindah ke Tegal?
Minggu, 20 Oktober 2019 | 15:21:22
Foto: Foto : Lidya Kembaren
JAKARTA - Selain wacana tentang pemindahan Ibu Kota Indonesia dari Jakarta ke Kalimantan Timur ternyata isu yang muncul juga pemindahan Ibu Kota Jawa Barat.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengaku wacana tersebut bukanlah idenya.

"Saya mau tekankan, ini bukan inisiatif Ridwan Kamil, tapi itu perintah Perda RT/RW untuk Pemerintah Provinsi melakukan kajian terhadap transportasi-transportasi baru, pusat pertumbuhan baru dan rencana pusat pemerintahan.
Tapi yang di blow up sama media hanya yang terakhir," kata Ridwan Kamil kepada CNBC Indonesia di Bandung dalam wawancara eksklusifnya akhir pekan ini.

Nah, ternyata beberapa tokoh juga telah menentukan lokasinya. Kang Emil sapaan akrab Ridwan Kamil, mengatakan zaman Ahmad Heryawan ketika jadi Gubernur mengusulkan di Walini.

"Kertajati juga ada wacananya, itu aspirasi orang Pantura, yang inisiatif saya itu Tegal luar, karena masih dekat Bandung dan stasiun kereta Api Cepat, jadi mudahkan koordinasi ke Jakarta," katanya.

Wacana ini menurut Kang Emil harus didiskusikan lebih jauh.

"Wacana (pemindahan) pusat pemerintahan untuk dikaji dulu di beberapa lokasi," tuturnya.

Ia mengatakan, alasan pemindahan itu tak berbeda dengan pemindahan ibu kota negara dari Jakarta ke Kalimantan Timur. Kang Emil menyebut Kota Bandung serupa dengan Kota Jakarta.

"Sudah tidak cocok lagi melayani pusat pemerintahan untuk dikaji dulu di beberapa lokasi. Contohnya kantor-kantor pemerintahan cekclok (terpisah) dan tidak produktif," katanya.

Lebih lanjut, Kang Emil mengatakan, kajian pemindahan ibu kota Jabar akan dilaksanakan dalam kurun waktu enam bulan ke depan. Kajian itu meliputi aksesibilitas hingga ketersediaan air.

(cnbcindonesia.com)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Over Kapasitas, Lapas Bagansiapiapi Pindah ke Ujungtanjung
Terungkap! Tanah Ibu Kota Baru RI Dikuasai Sukanto Tanoto
Tiba-Tiba Kantor Pertamina Pindah ke Gedung Milik Luhut
Pengurus Atletik Mengeluh Lihat Bhayangkara Pindah ke Stadion Madya
Gubernur Anies Sebut Dubes G 20 Penasaran soal Pemindahan Ibu Kota

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad