Home  / Nasional
Jokowi Tunjuk Hanif Dhakiri Jadi Plt Menpora, Ini Alasannya
Jumat, 20 September 2019 | 17:14:48
Photo : VIVA/M Ali Wafa
Hanif Dhakiri
Imam Nahrawi langsung mengundurkan diri sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) setelah ditetapkan sebagai tersangka dana hibah KONI oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Hari ini, Presiden Joko Widodo langsung menunjuk Menteri Tenaga Kerja Hanif Dhakiri sebagai pelaksana tugas (Plt) Menpora.

Dengan demikian, Hanif akan memimpin dua kementerian, Kementerian Tenaga Kerja dan Kemenpora. Penunjukkan itu diumumkan di Istana Bogor, Jumat, 20 September 2019.

"Keputusan ini diambil bapak Presiden Joko Widodo. Suratnya sudah ditandatangani," kata Menteri Sekretaris Negara, Praktikno, seperti dikutip dari VIVAnews.

Praktino menjelaskan alasan dipilihnya Menaker menjadi Plt Menpora karena tak banyak menteri yang akan menjabat hingga akhir pemerintahan ini, salah satunya yang masih menjabat adalah Hanif. Sementara sejumlah menteri lainnya bakal dilantik pada 1 Oktober 2019 mendatang sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

"Karena ada beberapa menteri yang dilantik pada tanggal 1 Oktober dan sudah dilantik sebagai anggota DPR," ujarnya.

Alasan lain, karena Hanif dan Imam sama-sama kader Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Sebelumnya Imam Nahrawi sendiri telah menemui Jokowi pada Kamis, 19 September 2019 kemarin. Dalam pertemuan itu, dia mengajukan surat pengunduran diri dari jabatannya sebagai Menpora. Jokowi pun menghormati keputusan tersebut. Kepala Negara bilang akan segera mencari penggantinya, apakah mencari menpora baru atau pelaksana tugas atau plt.

Sementara Imam Nahrawi masuk dalam catatan daftar pejabat penerima suap hibah KONI. Dalam persidangan di Pengadilan Tipikor Jakarta pada Maret 2019 lalu, terkuak jumlahnya mencapai Rp1,5 miliar. Kendati demikian, nominal tersebut belum diketahui sudah direalisasikan atau belum.

(viva.co.id)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Dana Bantuan Kelurahan di Tangkerang Selatan Dinilai Belum Transparan
Bakar Lahan, Berkas Perkara PT SSS Diserahkan ke Kejati Riau
KPK Dalami Aliran Dana Terkait Pemeriksaan Rizal Djalil
Dugaan Korupsi Dana Hibah, Kejati Riau Kembali Periksa Mantan PR IV UIR
Kasus Korupsi Jalan, KPK Panggil 5 Eks Anggota DPRD Bengkalis

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad