Home  / Nasional
TKA China Naik Tiap Tahun, Apa Kata Hanif Dhakiri?
Jumat, 20 September 2019 | 10:42:49
(Danang Sugiharto/Detikcom)
Foto: Mess TKA China di Morowali
JAKARTA - Jumlah tenaga kerja asing (TKA) di Indonesia didominasi oleh China. Berdasarkan data Kemenaker, pada tahun 2018 ada sekitar 32.000 ribu orang atau sebanyak 33,7% jumlah tenaga kerja asing (TKA) di Indonesia berasal dari China.

Menurut Menteri Ketenagakerjaan, Hanif Dhakiri dominasi TKA China telah berlangsung lama dan menempati posisi manajerial dan profesional, menepis dugaan posisi mereka untuk pekerjaan kasar.

"Ini fenomena yang umum sebenarnya, faktornya bisa macam-macam apa karena, selain China punya teknologi, uang saya tidak tahu persis," kata Hanif dalam Aquak Box CNBC Indonesia, Kamis (19/9/2019).

Ia juga menanggapi keberadaan tenaga kerja ilegal. Fenomena ini, menurutnya, perlu dilihat sebagai kasus, tidak menggeneralisrir TKA lainnya.

"Yang ilegal itu sebagai kasus, tidak boleh dipukul rata, karena TKA yang diperbolehkan adalah untuk manajerial dan keahlian," katanya.

Keberadaan TKA menjadi perhatian kementeriannya. Ada sanksi menanti. Kasus TKA ilegal ini diakuinya terjadi dari tahun ke tahun dengan jumlah yang terdeteksi sekitar seribu tenaga kerja.

"Ada yang ilegal pasti kita tangani dengan deportasi atau black list perusahaan," katanya, seraya meyakinkan bahwa, "pemerintah akan mengambil tindakan, tidak membiarkannya."

Secara umum, ia menjelaskan keberadaan tenaga kerja asing sudah diatur dalam UU 13/2003 tentang Ketenagakerjaan. Adanya Peraturan Menteri Ketengakerjaan 228/2019 yang mengatur jabatan TKA, katanya, telah sesuai dengan kebutuhan dari kementerian lain yang membutuhkan TKA.

(cnbcindonesia.com)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Korsel Pindahkan Pasien Virus Corona dari Daegu ke Seoul
INFOGRAFIS: Peta Sebaran Virus Corona di Asia-Pasifik
Masker Langka, Masker Buatan RI Diborong Negara Asing
Menkes: Pasien Meninggal Semarang Idap H1N1, Bukan Corona
Rombongan Umrah RI Tertahan di Abu Dhabi dan Dubai

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad