Home  / Nasional
Ibu Kota di Kalimantan Bagian Timur, Ini Kandidat Terkuatnya
Rabu, 21 Agustus 2019 | 10:10:06
(Dok: PUPR)
Foto: foto/ Gagasan Rencana dan Kriteria Desain Ibu kota Negara.
JAKARTA - Menteri PPN/Bappenas Bambang Brodjonegoro mengungkap lokasi persis ibu kota berada di tengah-tengah wilayah Indonesia. Klunya adalah di sekitar Selat Makassar. Ada 6 provinsi di kawasan paling tengah Indonesia, 3 di Sulawesi dan 3 lagi di Kalimantan.

"Kita cari lokasi tengah, jadi jatuhnya di Selat Makassar. Selat Makassar terletak di antara dua Pulau Kalimantan dan Sulawesi, kita pilih Kalimantan bagian timur atau Sulawesi bagian barat," kata Bambang, Selasa (20/8).

Namun, bila merujuk ucapan Presiden Jokowi sebelumnya di depan DPR, bahwa ibu kota akan pindah ke Kalimantan, bukan Sulawesi. 

Bila dicermati dari lokasi Selat Makassar yang disebut Bambang, lokasi yang terdekat adalah di Kalimantan bagian timur. Di Kalimantan bagian timur lokasi yang kini sedang jadi buah bibir adalah Kecamatan Samboja, Kukar Kartanegara. Samboja juga sangat dekat dengan Selat Makassar dan sarana infrastruktur dasarnya sudah tersedia seperti Bandara Sepinggan dan Tol Balikpapan-Samarinda. Lokasinya juga bukan hutan lindung. Juga ada sumber air baku, dari Waduk Samboja.

Soal lokasi Samboja di Kaltim, Samboja berjarak 1 jam 16 menit atau 44,8 km dari Bandara Sepinggan. Samboja merupakan salah satu kecamatan yang terletak di wilayah pesisir Kabupaten Kutai Kartanegara dengan luas wilayah mencapai 1.045,90 km2. 

Samboja ini memiliki penduduk 74.402 jiwa pada 2014 lalu. Samboja memiliki letak yang strategis karena berbatasan langsung dengan pintu gerbang Kalimantan Timur. Kawasan ini juga terhubung dengan Tol Balikpapan-Samarinda 99 km, dan Bandara Sepinggan Balikpapan, hanya berjarak 44 km.

(cnbcindonesia.com)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Tiba di Sebaru Kecil, 188 WNI Jalani Pemeriksaan Kesehatan
Sedang Menyusun KLHS, RTRW Pekanbaru Mendapat Rekomendasi dari BIG
Tragis, Ibu Hamil dan Janinnya Tewas Ditabrak Pemobil Belajar di Palmerah
Suap Walkot Medan Dzulmi Eldin, Kadis PU Divonis 2 Tahun Bui
Dikeluhkan Warga, Penangkaran Burung Walet di Pusat Kota Siak Harus Segera Dipindahkan

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad