Home  / Nasional
Terbuka Terima Kritik, Anies: Saya Tak Akan Tangkap Orang Karena Kritik Saya
Minggu, 26 Mei 2019 | 20:22:34
(Doc. Net)
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan
JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menegaskan, dirinya sangat terbuka menerima segala macam kritikan.

Eks Mendikbud itu mengaku, ia tak akan menangkap orang karena sudah menyampaikan kritik kepada dirinya.

Awalnya, Anies ditanya soal kemunculan petisi online yang meminta agar dirinya dicopot dari jabatan Gubernur DKI Jakarta. Dalam petisi yang dibuat 'Opini Kamu', Anies disebut telah gagal memimpin DKI Jakarta. Pembuat petisi meminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Mendagri Tjahjo Kumolo segera memanggil dan memecat Anies. Petisi itu dibuat sejak 10 bulan lalu.

"Itu munculnya bulan apa ya, coba Anda cek lagi, kapan munculnya pertama kali petisi itu Anda cek kapan tanggalnya. Yang kedua, setiap warga negara berhak menyampaikan pandangannya, tidak ada larangan sama sekali," kata Anies di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta, Minggu, (26/05/2019).

Menurut Anies, kritik merupakan sesuatu yang harus diterima dirinya sebagai pejabat publik. Anies sangat menghargai munculnya petisi tersebut sebagai bagian dari hak untuk menyampaikan pendapat.

"Setiap warga negara berhak menyampaikan, berhak mengkritik. Dan kalau berada di ranah publik harus mau dikritik, harus. Bahkan dicaci maki pun harus biasa-biasa saja," ujarnya.

"Kalau di wilayah publik jangan minta dipuji saja. Di wilayah publik itu harus siap dicaci maki, diminta turun atau naik. Itu prinsipnya sama. Dicaci tidak tumbang, dipuji tidak terbang," tegas Anies.

Ia menegaskan prinsip itu telah ditanamkan dirinya sejak lama. Anies menyebut pejabat publik harus siap menjadi alamat keluh kesah masyarakat.

"Alamat keluh kesah adalah pejabat publik. Kalau mau jadi pejabat publik maka harus siap untuk menjadi alamat keluh kesah, alamat caci maki. Harus siap," kata Anies.

Anies mencontohkan dirinya saat dikritik. Dia mengaku tidak pernah meminta agar pengkritiknya ditangkap.

"Kalau ada yang mengkritik nggak usah ditangkep. Saya nggak pernah menangkap orang yang mengkritik saya. Sama sekali," pungkasnya.

(jarrak.id)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Kapal Motor Milik TNI Hilang Kontak di Perairan Maluku
Polda Riau Tangkap 9 Tersangka Pelaku Karhutla
5 Narasumber Nyatakan Banyak Permasalahan Pada Proyek Perkantoran Pemko Pekanbaru di Tenayan Raya
Tiga Hari Tak Pulang ke Rumah, Pemulung Ditemukan Tewas di Parit
Tak Kantongi Izin, Demo Jaringan Investigasi Pemberantasan Korupsi Dibubarkan Polisi

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad