Home  / Nasional
Jadi Tersangka, Sofyan Basir Dinonaktifkan dari Jabatan Dirut PLN
Rabu, 24 April 2019 | 21:35:55
Foto: Nugroho Sejati/kumparan
Dirut PLN Sofyan Basir diperiksa sebagai saksi atas terdakwa Johannes Kotjo di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Kamis (25/10). Sofyan Basir diperiksa terkait kasus suap PLTU Riau-1.
Kementerian BUMN menonaktifkan Sofyan Basir dari jabatannya sebagai Direktur Utama PT PLN (Persero) per hari ini. Keputusan ini diambil lantaran Sofyan Basir ditetapkan jadi tersangka oleh KPK dalam kasus dugaan korupsi PLTU-MT Riau-1. 

Penghentian sementara Sofyan Basir dari jabatannya dibenarkan oleh Sekretaris Kementerian BUMN, Imam Apriyanto Putro. Kata dia, Dewan Komisaris PLN yang merupakan kepanjangan tangan dari Kementerian BUMN yang mengambil keputusan tersebut. 

"Saya baru mendengar bahwa siang tadi Dekom (dewan komisaris) juga bergerak cepat, telah membuat keputusan untuk menonaktifkan Pak Sofyan Basir sebagai dirut," kata Imam kepada kumparan, Rabu (24/4).

Nantinya, Dekom akan melaporkan putusan ini dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) PLN. Imam mengatakan, sesuai anggaran dasar perusahaan, Dekom mempunyai waktu 30 hari untuk melakukan proses pergantian melalui RUPS. 

"Jadi untuk sementara mengangkat Plt Pak Muhammad Ali," kata dia.

Ali merupakan Direktur Human Capital PT PLN. Pengangkatan Ali, kata Imam, mempertimbangkan kegiatan operasional perusahaan tidak boleh terganggu untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat di bidang kelistrikan. 

Sementara itu, SVP Hukum Korporat PLN Dedeng Hidayat mengatakan, hingga saat ini, perusahaan belum menerima kabar terkait keputusan penonaktifan Sofyan Basir dari jabatannya. 

"Kami belum menerima informasi tersebut," ucapnya saat dihubungi kumparan.

(sumber: kumparan.com)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
DAK Fisik Riau 2019 Senilai Rp1,8 Triliun Terancam Tidak Bisa Dicairkan
Dugaan Suap Noviwaldi Jusman di Pemilu Serentak 2019, Polisi Jadwalkan Ulang Pemeriksaan Ketua PPS Kelurahan Pesisir
Kodim 0313/Kpr Awali Prestasi Siskamling Terbaik se Riau
Laporan Tim Investigasi Kasus Novel Rampung, Ada 170 Halaman
Sampaikan Hasil Reses, Dewan Berharap Terakomodir Dalam Kegiatan

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad