Home  / Nasional
Selama 2018 KPK Tangani 152 Kasus Suap
Rabu, 19 Desember 2018 | 15:45:59
(Foto: Harits Tryan Akhmad/Okezone)
Konferensi pers akhir tahun kinerja KPK.
JAKARTA - Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Saut Situmorang mengatakan pada tahun ini tindak pidana korupsi yang paling banyak terjadi adalah penyuapan. Total tercatat ada 152 kasus yang sudah ditangani.

"Tindak pidana korupsi yang paling banyak terjadi adalah penyuapan dengan 152 perkara, diikuti pengadaan barang/jasa sebanyak 17 perkara, serta TPPU (tindak pidana pencucian uang) sebanyak 6 perkara," ujar Saut dalam konferensi pers terkait capaian dan kinerja KPK di tahun 2018, di Gedung Merah Putih, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (19/12/2018).

Ia mengatakan, berdasarkan data dari total perkara yang ditangani KPK, 91 di antaranya melibatkan anggota DPR atau DPRD. Ada pula 28 perkara yang menjerat kepala daerah, baik yang masih aktif maupun sudah tidak menjabat.

"Penanganan perkara berdasarkan tingkat jabatan, mengungkapkan ada 91 perkara yang melibatkan anggota DPR/DPRD dan 50 perkara melibatkan swasta serta 28 perkara melibatkan kepala daerah (29 masih aktif dan 2 mantan). Selain itu, terdapat 20 perkara lain yang melibatkan pejabat eselon I hingga IV," beber Saut.

Selain itu, secara total pada 2018 KPK melakukan 157 kegiatan penyelidikan, 178 penyidikan dan kegiatan penuntutan, baik kasus baru maupun sisa penanganan perkara pada tahun sebelumnya.

"Selain itu juga melakukan eksekusi terhadap 102 putusan pengadilan yang telah berkekuatan hukum tetap," jelas Saut. 

(okezone.com)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Adik Wagub Sumut Dicegah ke Luar Negeri Usai Jadi Tersangka
KPK: Kasus Petral Tak Berhenti
Man City Menang Mudah 4-1 atas Newport County di Piala FA
Kylian Mbappe Samai Rekor Gol Ronaldo di Liga Champions
KPK Geledah Rumah Dirut Jasa Marga

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad