Home  / Misteri
Tak Cuma di Kalimantan Timur, Setan Kuyang Juga Ditakuti di Thailand
Kamis, 29 Agustus 2019 | 08:33:10
Photo : Youtube BarsiliZone
Kuyang si hantu wanita dari Kalimantan.
Sosok setan atau iblis Kuyang tiba-tiba saja menjadi topik pembicaraan hangat di media sosial khususnya twitter. Kuyang menjadi kata atau hastag yang digunakan dalam lebih dari 11 ribu cuitan pada hari Selasa, 27 Agustus 2019.

Populernya setan Kuyang bukan tanpa alasan, sejak Presiden Joko Widodo memindahkan ibu kota ke Kalimantan Timur, setan Kuyang langsung jadi perbincangan karena berasal dari pulau Kalimantan. Tidak hanya sektor pariwisata dan kuliner Kalimantan saja yang jadi sorotan, setan Kuyang pun ternyata ikut terlibat di dalamnya.

Kuyang sendiri merupakan sosok setan atau iblis yang berasal dari Kalimantan. Kuyang digambarkan sebagai sosok setan wanita yang tidak memiliki tubuh. Kuyang hanya memiliki kepala dengan rambut panjang, kepalanya langsung bergabung dengn organ dalam tubuh tanpa ditutupi kulit atau daging.

Kuyang dipercaya sebagai jelemaan orang yang sedang mendalami ilmu hitam. Kuyang bergerak dengan cara terbang di malam hari untuk mencari makanan yakni berupa darah bayi dan darah perempuan. Ketika selesai makan darah, Kuyang akan semakin kuat dan tak bisa dikalahkan.

Ternyata bukan hanya di Indonesia saja, sosok setan Kuyang juga ada dan dipercayai oleh masyarakat yang ada di Thailand. Jika di Indonesia disebut Kuyang, maka di Thailand setan ini disebut Krasue.

Dihimpun dari beberapa sumber, tidak jauh berbeda dengan Kuyang, Krasue juga digambarkan sebagai sosok setan perempuan muda cantik yang tidak memiliki tubuh dan hanya memiliki kepala langsung bergabung dengan organ dalam tubuh selerti jantung, hati, dan usus.

Masyarakat Thailand percaya bahwa Krasue bisa terbang dengan kepala yang mengambang di udara. Setiap kemunculan Krasue selalu dibarengi dengan cahaya. Dalam cerita rakyat Thailand, Krasue dipercaya tinggal bersama roh laki-laki bernama Krahang.

Bahkan pada tahun 2019 ini, negara Thailand memproduksi sebuah film horor berjudul Inhuman Kiss. Inhuman Kiss adalah sebuah film horor yang bercerita tentang teror Krasue.

Tidak hanya di Indonesia dan Thailand saja, setan Kuyang atau Krasue juga ditemukan dalam mitologi populer Malaysia. Jika di Indonesia bernama Kuyang dan di Thailand bernama Krasue, maka di Malaysia setan ini bernama Penanggalan atau Penanggal.

(viva.co.id)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
BMKG Ungkap Adanya 3 Sesar Sumber Gempa di Kalimantan Timur
KPK Heran Izin Tambang di Kaltim Lebih Luas dari Daratannya!
Politikus PDIP: Puan Cawapres Prioritas dari Internal
Amien Rais Sebut Ada Partai Setan, PPP: Sudahlah, Jangan ‘Perkosa’ Agama
Nyambi Edarkan Pil Setan, Satpam Karaoke Ditangkap

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad