SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1442 H
Home  / Lingkungan
Hutan Lestari Masyarakat Sejahtera, Riau Hijau Program Strategis DLHK Riau
Senin, 12 April 2021 | 15:22:58
istimewa
PEKANBARU, riaueditor.com - Keseriusan Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Riau dalam mewujudkan hutan lestari dan masyarakat sejahtera dikemas dengan program Riau Hijau.

Kepala DLHK Riau melalui Kepala Unit Pelayanan Teknis (UPT) Benih Rehabilitasi dan Konservasi Hutan Dinas Kehutanan Riau, Febrian Swanda  menjelaskan, program Riau Hijau salah satu program unggulan Gubernur Riau. Dan DLHK Riau menjadikan Riau Hijau sebagai program strategis, terangnya.

Menurut  Febriyan Swanda, untuk mensukseskan  program ini, pihaknya terus berupaya melakukan langkah langkah untuk percepatan tercapainya sasaran.Mulai dari penyediaan bibit, melakukan sosialisasi kepada masyarakat, sebutnya.

Dikatakan Swanda, tiga tahun terakhir berbagai jenis Tanaman kayu kayuan dan HHBK telah kita distribusikan kepada masyarakat Riau baik perkelompok maupun perorangan yang meminta dengan kondisi bibit siap tanam secara gratis. "Bibit kita berikan secara gratis," terangnya.

Diuraikan Febriyan Swanda, bibit yang telah kita distribuksikan terdiri dari dua jenis. Antara lain tanaman Kayu-kayuan berupa, Gaharu, Mahoni, Tanjung, Pulai dan trembesi.

Sementara untuk jenis MPTS (Multipurpose Tree Species) tanaman yang menghasilkan buah-buahan, terdiri dari: Karet PB 260, Durian, Jengkol, Petai, Nangka, Sirsak, Matoa Pinang dan Kelor, urainya.

"Dari tahun 2018, 2019 dan 2020, sudah didistribusikan kepada masyarkat di Riau sebanyak 1.875.000 batang. Dengan rincian, tahun 2018 sebanyak 750.000 batang, 2019, 750.000 dan 2020 sebanyak 375.000 batang," urainya.

Bibit diberikan secara gratis, kepada perorangan maupun kelompok dengan ketentuan : mengajukan surat permohonan dengan melampirkan gambar dan kordinat lahan yang akan ditanami serta KTP, terang Swanda.

Ditanya kendala yang dihadapi. Menurutnya, masih kurangnya  keseriusan dan kesadaran  masyarakat. Karena pada umumnya, masyarakat lebih cenderung hal-hal  yang instan atau yang cepat menghasilkan. Sementara tanaman yang di sediakan adalah tanaman tua. "Inilah yang menjadi salah satu kendala," paparrnya.

Untuk suksesnya program Riau Hijau ini, pihaknya sangat mengharapkan  dukungan dari seluruh komponen. Baik pemerintah Kabupaten/kota, tokoh masyarakat. Khususnya masyarakat yang memiliki lahan kosong.  Karena program ini sangat memberikan harapan dalam peningkatan ekonomi masyarakat dan menjadikan provinsi Riau  ramah lingkungan, tutupnya.(jsr)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Bertambah 332 Kasus Baru, Hari Ini 577 Pasien Covid-19 di Riau Sembuh
Kunker Presiden Jokowi ke Riau Bisa Disaksikan Melalui Video Streaming
Bupati Suyatno Jalani Test Swab Untuk Hadiri Kunker Presiden ke Riau
Jelang Kedatangan Jokowi, Semua Kepala Daerah dan Forkopimda Tes Swab
Hari Ini Pasien Sembuh COVID-19 Riau Capai 602 Orang, Positif 318 Kasus

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad
free web site hit counter