UCAPAN RAMADHAN RIAUEDITOR
Home  / Lingkungan
Kawanan Gajah Dari TNTN Masuki Kebun Warga di Kuansing
Senin, 5 April 2021 | 21:50:34
Foto : Ist
PEKANBARU - Kawanan gajah liar yang berjumlah 17 ekor diketahui masuk ke perkebunan warga di wilayah kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing). Kawanan gajah liar tersebut pertama kali diketahui pada Kamis (1/4) lalu. Akibatnya, tak sedikit tanaman warga dirusak oleh satwa dilindungi itu.

Kepala Bidang KSDA Wilayah I Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau, Andri Hansen Siregar saat dikonfirmasi menjelaskan, kawanan gajah itu datang dari wilayah Taman Nasional Teso Nilo (TNTN). 

"Terakhir terpantau Minggu (4/4) kemarin. Saat ini tim masih berada di sana. Dimana kawanan ini melintasi tiga desa yakni desa Sei Kijang, Teratak rendah dan Rambah," bebernya.

Terang Andri, Minggu kemarin pihaknya telah melakukan penyisiran di wilayah tersebut. Namun tim gabungan belum menemukan kawanan gajah yang sejatinya berjumlah 18 ekor dari TNTN itu.

Pihaknya hanya menemukan bekas jejak, kotoran hingga tanaman masyarakat yang rusak menjadi santapan satwa bernama latin Elephas maximus Sumatranus itu.

"Wilayah ini memang daerah perlintasanya menuju Gunung Melintang hingga ke TNTN," katanya.

Katanya, saat ini tim BBKSDA Riau masih berada di tiga desa yang menjadi perlintasan gajah tersebut. Pihaknya tengah melakukan mitigasi dan bersinergi bersama masyarakat untuk upaya penggiringan dan mengantisipai adanya konflik antara masyarakat dan satwa tersebut.

"Sambil menunggu kesepakatan, saat ini masyarakat juga masih melakukan penjagaan di kebunnya masing-masing. Kalau malam mereka membuat api unggun untuk menghalau gajah tersebut masuk ke kebun mereka," tandasnya.(MCR)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
KKB Tembak Warga Sipil di Papua, Korban Tewas di Tempat
Sebut UU CK Lemah Tangani Kebun Ilegal di Kawasan Hutan, Yohanis: Mestinya Tembak Mati
TNI Bantu Warga Terdampak Banjir di Kampung Arso Papua
Temuan Disnaker Inhu, Diduga PT Mentari Datangkan Puluhan Orang Bayaran Dari Luar Daerah
Nyaris Bentrok! Datangkan Pasukan Bayaran, Alat Berat PT Mentari Gusur Lahan Masyarakat Sungai Raya

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad
free web site hit counter