Home  / Lingkungan
Komitmen Dengan Riau Hijau, Gubri Tak Akan Rekomendasikan Izin Eksploitasi Hutan
Kamis, 5 November 2020 | 20:13:59
istimewa
Gubri Syamsuar
PEKANBARU, riaueditor.com - Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) provinsi Riau Mamun Murod menyatakan bahwa pemerintah provinsi Riau berkomitmen  tidak akan memberikan rekomendasi izin pemanfaatan hutan yang orientasinya eksploitasi. Hal ini disampaikannya dalam Rakor evaluasi pelaksanaan perhutanan sosial bersama Pokja PPS, Kamis (5/11/2020).

"Komitmen pak Gubernur tidak akan merekomendasikan izin yang sifatnya eksploitasi hutan, seperti perpanjangan IUPHHK-HTI sehingga seluruh eks HPH yang berakhir akan dikelola dengan pola restorasi ekosistem, karena pak gubernur sangat komit sekali dengan Riau Hijaunya, sehingga tidak mungkin lagi mengganti hutan alam dengan hutan tanaman, namun bagaimana mensejahterakan masyarakat," ujar Mamun Murod.

Dalam kesempatan lain, Gubernur Riau, H Syamsuar mengatakan bahwa Riau Hijau bukan hanya sekedar kegiatan menanam pohon, program tersebut merupakan suatu bentuk pengabdian dalam upaya pembangunan daerah yang berwawasan lingkungan secara berkesinambungan.

"Program Riau hijau ini bukan hanya sekedar menanam pohon, tapi ini adalah pengabdian kita, bagaimana kita eksis membangun daerah ini tapi tentu dengan berwawasan lingkungan," kata Gubri, Rabu (4/11/2020) di Pekanbaru. 

Gubernur berharap kepada pihak terkait dapat mewujudkan sinergi dengan seluruh lingkup unsur masyarakat untuk keberlanjutan kehidupan dengan komitmen pembangunan Riau Hijau.

"Sebab, ke depan ini tiada artinya apa yang kita buat untuk Riau kalau kita tidak dapat mengendalikan pencemaran lingkungan, sekaligus juga semua kegiatan usaha yang ada di sini harus mengedepankan wawasan lingkungan," tutur Gubri.

Pemrov Riau juga telah menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan LAM Riau terkait kegiatan di bidang lingkungan hidup dan kehutanan, di mana MoU tersebut nantinya akan ditindaklanjuti dengan aksi nyata guna menunjang komitmen dalam meningkatkan kualitas perlindungan lingkungan hidup dan tata kelola sumber daya kawasan hutan untuk sebesar-besarnya kesejahteraan masyarakat.(har/mcr)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Dua Anggota DPRD Riau di PAW
Update Covid-19 Riau: Jumlah Pasien Sehat Hari Ini Lebih Banyak Dibanding Kasus Terkonfirmasi
Wagubri Hadiri PAW Anggota DPRD Provinsi Riau Sisa Masa Jabatan 2019-2024
Subayang Dirindu Sayang, Gubri Berbaring di Pangkuan Misnarni
Riau Peringkat Enam Nasional Tingkat Kesembuhan Pasien Covid-19

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad
free web site hit counter