Home  / Lingkungan
Belasan Tahun Ekspor Arwana, PT Tambak Seraya Pratama Leluasa Beroperasi di Kawasan HPT Minas
Jumat, 16 Oktober 2020 | 11:45:37
Foto: Ist
PEKANBARU, riaueditor.com - Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) provinsi Riau mengklaim Lokasi Penangkaran Ikan Arwana yang dikelola PT Tambak Seraya Pratama berdasarkan Tata Ruang Wilayah berada di Hutan Produksi Terbatas (HPT), yang sekarang menjadi kawasan konservasi Model Tahura Minas di bawah Kesatuan Pengelolaan Hutan Produksi (KPHP) Model Tahura Minas.

Hal ini ditegaskan Kepala DLHK Riau melalui Kepala UPT. KPHP Tahura Minas Ir Setyo Widodo ditemui di ruang kerjanya, Senin (28/9) lalu.

"Perusahaan memang berada dalam kawasan, totalnya sekitar 40 hektar termasuk kolam-kolamnya, mereka katanya sudah mengantongi izin, namun sampai sekarang saya belum ketemu dengan bagian legal hukumnya," ujar Setyo.

Kepala DLHK Riau Ir Maamun Murod, MM menegaskan akan memproses perusahaan-perusahaan yang beroperasi di kawasan KPHP Tahura Minas termasuk PT Tambak Seraya Pratama yang beroperasi di Kawasan Hutan Produksi Terbatas (HPT) Minas.

"Inikan jelas sebuah pelanggaran, bagaimana pun mereka harus bekerjasama dengan kita, tetap akan saya proses itu pak, kalau tidak bagaimana menarik PNBP-nya," ungkap Murod di ruang kerjanya, Selasa (29/9).

Menurut Direktur Investigasi LSM Tropika Riau, Rafizis, PT Tambak Seraya Pratama memiliki 159 unit kolam penangkaran seluas 20 hektar dengan tujuan ekspor ke China, Taiwan dan Thailand. Selama ini daerah sangat dirugikan, karena tidak mendapatkan kontribusi berarti.

"Kalau dikaji lebih dalam sesungguhnya usaha yang dijalankan ilegal, karena tapak usaha berada di HPT Minas. Selama belasan tahun mereka mengais sumber daya alam hayati daerah ini seenaknya, sementara izinya dikuasai pusat. Mereka leluasa, jadinya memandang sebelah mata, karena urusanya selesai di BKSDA saja," bebernya.(har)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
16 Calon Komisaris dan Dirut PT PIR Lulus Tes Administrasi
LSM Desak Kementerian LHK Cabut Sertifikat CITES PT Tambak Seraya Pratama
Intip Sejumlah Perubahan Aturan Pajak di UU Cipta Kerja
Dandim 0313/KPR Pimpin Acara Pemakaman Koptu Zuwandri
BEM UGM Boikot Acara Kampus Bertendensi Dukung UU Ciptaker

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad
free web site hit counter