Home  / Lingkungan
Enam Mahasiswa STIE Tuah Negeri dan HMI Dumai, Bantu Tim Gabungan Padamkan Karhutla
Kamis, 27 Februari 2020 | 15:26:12
riaueditor
DUMAI, riaueditor.com - Sebanyak enam orang yang terdiri dari mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Tuah Negeri Dumai dan Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Dumai membantu memadamkan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), Selasa (25/02/2020) kemarin. 

Ke enam mahasiswa itu berangkat bersama Kapolres Dumai AKBP Andri Ananta Yudhistira SIK dan personil Polres Dumai lainnya, membantu proses pendinginan lahan karhutla yang terjadi di Kelurahan Mundam, Kecamatan Medang Kampai, Kodya Dumai. 

Muhammad Rasyid Ridho salah seorang Mahasiswa STIE Tuah Negeri yang terlibat dalam pendinganan lahan mengaku, pemadaman karhutla pada tanah gambut tidaklah mudah.

Pihaknya menemukan kondisi cuaca yang sangat panas, baik berasal dari matahari maupun yang dari lahan bekas kebakaran.

"Kami berangkat dari Polres Dumai pukul 13.00 WIB menuju lokasi kebakaran hutan dan lahan dengan mobil. Kemudian dilanjutkan dengan berjalan kaki sejauh kurang lebih 2 Km. Disana kami melakukan proses pendinginan lahan bersama personil gabungan yakni Polres Dumai, Polsek Medang Kampai, TNI dan BPBD Kota Dumai," sebut Presiden Mahasiswa STIE Tuah Negeri yang kerap disapa Rasyid.

Memandamkan karhutla di Kota Dumai, diakui Rasyid sangatlah sulit. Berbagai kendala kerap dijumpai seperti jarak tempuh, cuaca, alat dan ketersediaan air.

"Kendati demikian, kami merasa sangat senang dapat membantu Polri, TNI dan BPBD sehingga kami dapat merasakan betapa susahnya memadamkan api di lahan gambut. Di lapangan, semuanya bersatu dan saling membantu," katanya.

Setelah mendapatkan pengalaman, Rasyid berharap agar masyarakat tidak membuka lahan dengan cara membakar.

"Saya harap masyarakat khususnya para pemilik lahan dan pekerjanya untuk tidak membuka lahan dengan cara membakar, karena karhutla merupakan tanggungjawab bersama. Mari kita wujudkan program Kota Dumai Bebas Asap Tahun 2020," pintanya. (dri) 

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Kecanduan Judi Online dan Sabu, ABG di Pekanbaru Jadi Spesialis Jambret
Babinsa Koramil 06/SH Komsos dan Pantau Pasokan Harga Ikan Laut
Antisipasi Karhutla, Babinsa Koramil 05/Kampar Kiri dan Bhabinkamtibmas Patroli Bersama Tim Terpadu
Babinsa Koramil 05/Kampar Kiri dan Tim Medis Tegakkan Disiplin ke Pengunjung Pasar Tradisional Sungai Pagar
Kapolda Riau Pimpin Upacara dan Syukuran Hari Bhayangkara Ke-74

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad
free web site hit counter