Home  / Lingkungan
1.600 Burung Gelatik dan Ciblek Dilepasliarkan di Tahura SSH
Selasa, 18 Februari 2020 | 21:54:20
istimewa
PEKANBARU - Balai Penegakan Hukum (Gakkum) Kementerian Lingkungan Hidup (LHK) Seksi Wilayah II Sumatera melepasliarkan 1.600 ekor burung di Taman Hutan Rakyat Sultan Syarif Hasim (SSH) Minas, Kabupaten Siak, Riau. Ribuan burung itu terdiri dari Gelatik dan Ciblek.

Komandan Brigade Satuan Polisi Hutan Riau, Zulbahri, mengatakan, pelepasliaran dilakukan Senin (17/2/2020) sore. Burung itu diamankan petugas ketika akan dikirim ke Lubuk Linggau, Provinsi Sumatera Utara, Ahad (16/2/2020) malam. "Sudah dilepasliarkan," ujar Zulbahri, Selasa (18/2/2020).

Zulbahri mengatakan, pengungkapan penjualan unggas itu dilakukan berdasarkan informasi masyarakat. Setelah dilakukan penyelidikan, ditemukan satu unit minibus yang mengangkut 1.600 ekor burung.

"Burung itu disimpan dalam kandang-kandang plastik kecil. Petugas langsung berkoordinasi dengan BBKSDA, burung tidak termasuk satwa dilindungi, hingga kasusnya tidak ditingkatkan ke penyidikan" kata Zulbahri.

Zulbahri menyebutkan, para pelaku yang berjumlah dua orang itu hanya diberikan tindakan peringatan. Terlebih, keduanya membawa satwa tersebut tanpa surat dari pihak berwenang. (MCR)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Lepas Cemas karena Corona, Lakukan Relaksasi dengan Ibu Jari
Penanganan Covid-19, Pemprov Riau Siapkan Anggaran Rp80 Miliar
Kapolda Riau Lepas Peserta Lomba Lari Fun Run Di Kota Dumai
Panglima TNI Hadiri Upacara Militer Pelepasan Jenazah Kecelakaan Helikopter Mi-17
Dari Rp1,3 Triliun, Rp800 Miliar Diperuntukan Infrastruktur Jalan

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad