Home  / Lingkungan
Bersiap Hadapi Karhutla, Riau Dirikan Posko Terpadu di Lanud Rsn
Rabu, 12 Februari 2020 | 20:31:36
Humas Riau
PEKANBARU - Pasca penetapan Status Siaga Darurat Karhutla Riau 2020 pada Selasa (11/2/2020), Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Pol Idham Azis langsung menggelar rapat koordinasi dengan Gubernur, Bupati/Walikota dan Forkopimda se-Riau di Gedung Daerah Pekanbaru, Rabu (12/2/2020).

Dalam arahannya, Panglima TNI menyampaikan kedatangan pihaknya ke Pekanbaru dalam rangka melihat kesiapan Provinsi Riau dalam menghadapi Karhutla.

"Karena sesuai ramalan cuaca yang kami terima musim kemarau di Riau cukup panjang, mulai bulan Februari atau pertengahan Maret sudah terjadi kemarau sampai Oktober," kata Panglima.

Karena itu, lanjut Panglima, untuk mengantisipasi musim kemarau itu pihaknya sudah mempersiapkan diri dari seluruh komponen organisasi untuk melakukan persiapan dengan memberikan pelatihan kepada masyarakat.

"Dan TNI/Polri juga memiliki satu tekad untuk bisa menyelesaikan apabila ada kebakaran. Diantaranya pertama kita khususnya di Riau sudah memiliki Posko Terpadu di Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru," ujarnya.

Dengan adanya posko itu, sebut Panglima TNI, semua informasi apa saja terkait Karhutla di seluruh wilayah Provinsi Riau ada di sana.

"Sehingga kita mudah untuk mengantisipasi, memadamkan api. Dan apabila api sudah padam, kita bisa memberikan informasi terkait situasi di lapangan," ucapnya.

Selain itu, kata Panglima, pihaknya juga sudah mempersiapkan kanal-kanal dan normalisasi embung untuk antisipasi Karhutla.

"Hari ini kita juga merencanakan melaksanakan TMC untuk mengisi embung-embung yang airnya mulai berkurang. Sehingga apabila kemarau terjadi kita tak kekurangan air. Kemudian kita juga lakukan pelatihan-pelatihan untuk menghadapi apabila terjadi Karhutla," tukasnya. (MCR)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Baharudin Serahkan Bantuan Masker ke Posko Relawan Covid -19 Desa Dundangan
Luas Lahan Terbakar Riau Hingga 1 April Mencapai 996,58 Hektare
Di Tengah Wabah Corona, Koramil 02 Rambah Gunakan Drone Pantau Karhutla
Bupati Suyatno Pantau Posko Kesehatan Bundaran Pedamaran dan Tanaman Tabebuya
Koramil 15/Kuala Kampar Kodim 0313/Kpr Sosialisasi Karhutla di Daerah Terpencil

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad