Home  / Lingkungan
BBKSDA Riau Akan Lepas Liarkan Buaya Masuk Kampung
Kamis, 5 September 2019 | 04:23:38
istimewa
PEKANBARU - Kepala Bidang Wilayah II BBKSDA Riau, Heru Sutmantoro mengatakan bahwa Rabu, (4/9/19) pagi Tim Rescue Balai Besar KSDA Riau mendapat laporan bahwa ada seekor Buaya naik ke darat di pemukiman penduduk, tepatnya di dekat SD 04 Kampung Merempan Hilir, Kecamatan Mempura, Kabupaten Siak.

Setelah menerima informasi tersebut, tambahnya, Balai Besar KSDA Riau langsung menurunkan timnya ke lokasi dan saat sampai di lokasi, Buaya telah ditangkap oleh petugas damkar dan ditempatkan di kantor Dinas Damkar. Akhirnya Dinas Damkar melakukan serah terima kepada petugas Balai Besar KSDA Riau pada hari yang sama.

Jenis Buaya tersebut adalah Buaya Muara _(Crocodylus porosus)_ dengan panjang 2,5 meter lebar 50 cm dan jenis kelamin jantan.

"Kemungkinan besar satwa mengalami dislokasi atau tersesat sehingga naik ke daratan. Habitat umumnya berada di dekat muara sungai yang berbatasan langsung dengan lautan dan jika buaya terus berenang ke hulu maka biasanya mengalami dislokasi," terangnya.

Satwa langsung diamankan di kantor Bidang KSDA Wil 2 untuk dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu sebelum dilepasliarkan kembali ke habitatnya yang jauh dari pemukiman penduduk.

Kepala Balai Besar KSDA Riau, Suharyono menyampaikan terima kasih atas kerjasama Dinas Damkar yang telah sigap dalam melakukan tindakannya. (mcr)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
11 Kecamatan Ikut Gebyar Kampung KB Se-Kabupaten Bengkalis Tahun 2019
Bupati Suyatno Resmikan Kampung Bersih Merah Putih
Satgas Yonif Raider 514/SY Gelar Perlombaan Anak-Anak Kampung Karubate
Semester I 2019 Waskita Menerima Arus Kas Masuk Sebesar Rp 7,49 Triliun
Lepas dari Pengawasan, Balita di Kamboja Tewas Dimakan Buaya

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad