Home  / Lingkungan
ISPU di Pelalawan Tercatat Tidak Sehat
Jumat, 2 Agustus 2019 | 20:19:03
zoel/riaueditor.com
PELALAWAN, riaueditor.com – Hingga hari ini, Jum'at (2/8/2019) Indeks Standart Pencemaran Udara (ISPU) di Kabupaten Pelalawan berada di PM.10 dibawah 200 Psi dalam kategori tidak sehat. Selain diakibatkan karhutla di sejumlah titik di Kabupaten Pelalawan, kabut asap tipis juga berasal dari Kabupaten/Kota di Propinsi Riau.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Pelalawan Samsul Anwar, SH.MH kepada riaueditor.com,Jum'at (2/8/2019). Menurutnya, data ISPU diambil dari sumber PT. Chevron.

"Saat ini Kita tidak punya alat pengukur ISPU, di RAPP alat pengukur rusak sementara portabel alat pengukur ISPU Pelalawan di Chevron juga sama mengalami kerusakan. Namun Kita mengambil ukuran ISPU kondisi ISPU secara keeluran di Propinsi Riau. Namun Kita dapat pastikan udara di Pelalawan saat ini kategori tidak sehat," paparnya.

"Ya, asap mulai beberapa pekan belakangan ini  menyelimuti sejumlah daerah di Kabupaten Pelalawan. Belakangan memang terdapat sejumlah titik api di Kabupaten Pelalawan yang tersebar dibeberapa kecamatan. Upaya pemadaman terus dilakukan oleh Tim Gabungan Satgas Karlahut Pelalawan," tukasnya.

Dilanjutkan Samsul, rawannya terjadi kebakaran lahan dan hutan di Kabupaten Pelalawan mengakibatkan suhu udara panas hingga 34 derajat celcius.Musim kemarau ditambah angin yang tak menentu mengakibatkan rawan karlahut.Ditambahkan Samsul, dirinya berharap kepada masyarakat untuk senantiasa menggunakan masker saat beraktifitas diluar rumah, Karena memang udara di Pelalawan kategori tidak sehat. 

"Paling tidak untuk mencegah penderita Infeksi saluran pernapasan akut atau ISPA," bebernya.

DLH juga sudah menyurati Diskes Pelalawan untuk menyurati sekolah agar mengurangi aktifitas di luar ruangan. Begitu juga menyurati perusahaan agar memberikan bantuan masker kepada masyarakat. 

"Hari ini ada bantuan masker dari 2 perusahaan yakni PT. Inti Indo Sawit Subur dan PT. Langgam Inti Hibrido," tutupnya. (zoel)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Siaga Darurat Karhutla, Pemprov Riau Tebar Posko Kesehatan
Posko Kesehatan dan Rumah Singgah Kedap Suara DPRD Riau Diresmikan
Jika Iuran Tak Naik, Defisit BPJS Kesehatan Bisa Capai Rp 77,9 Triliun
Dicurigai karena Jadi Penasihat Kapolri, Hendardi: Terlalu Menghina
Satgas Pamtas Yonif 411/Pdw Bersama Puskesmas Sota Sosialisasikan Pola Hidup Sehat di Sekolah

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad