SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1442 H
Home  / Lingkungan
Lagi, Dua Truk Berisi Kayu Olahan Dilepas Polhut Riau
Sabtu, 18 November 2017 | 21:03:17
ars/otc
Kedua truk Coltdiesel bermuatan kayu olahan yang sempat diamankan Polhut Riau, tengah stanby di Markas Polhut Riau untuk dilepas atau dipulangkan kepada pemiliknya, Sabtu (18/11/2017) siang.
PEKANBARU, riaueditor.com - Lagi, Polisi Kehutanan (Polhut) Riau, hari ini, Sabtu (18/11/17) berencana melepas atau memulangkan 2 truk Colt Diesel bermuatan kayu olahan sebanyak kurang lebih 21 kubik hasil tangkapan yang sempat dilakukan pada pertengahan September 2017 lalu kepada pemiliknya.

Rencana pelepasan dua unit truk Colt Diesel yang bermuatan kayu tersebut, terbukti akan dilakukan Polhut Riau, dimana dari hasil pantauan riaueditor.com pada Sabtu siang di Markas Polhut Riau. 

Tampak kedua mobil truk yang akan dilepaskan tersebut, kini sudah dalam keadaan berpindah dari tempat bagasi penyimpanan barang dan bergegas hendak tancap gas sesuai tujuannya.

Menanggapi hal ini, Kabid Pentaatan dan Penataan Hutan Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutana (DLHK) Riau, Said Nurjaya saat dikontak via ponselnya, Sabtu siang, mengakui bahwa pihaknya punya rencana akan melepaskan kedua mobil truk Colt Diesel yang bermuatan kayu tersebut kepada pemiliknya.

"Iya memang, rencananya hari ini mobil itu akan kita kembalikan kepada pemiliknya. Sebab kayu yang diangkut itu memiliki dokumen yang sah, sehingga kita tidak bisa menahannya," kata Said Nurjaya Sabtu (18/11). 

Ditanya, keabsahan dokumen apa saja yang dimiliki pemilik kayu dan mobil tersebut, sehingga penyidik Polhut Riau berani melepas kayu yang sempat ditahan, Said Nurjaya mengaku tidak tahu betul seperti apa dokumen pemilik mobil truk dan kayu tersebut dan menyarankan awak media untuk menemui anggota penyidiknya.

"Saya belum tau betul itu apa dokumennya, coba tanyakan anggota penyidiknya ya," jawab Said Nurjaya Seraya menyudahi percakapan lewat ponselnya.

Agus Panggabean selaku anggota penyidik yang membidangi permasalahan tersebut membenarkan bahwa pihaknya akan segera melepas kayu dan mobil truk Colt Diesel kepada pemiliknya hari ini. Dengan alasan, bahwa perkara itu tidak bisa dilanjutkan ketingkat penyidikan, lantaran tidak cukup bukti untuk ditingkatkan ke proses penyidikan lebih lanjut.

"Dari hasil keabsahan dokumen yang sempat kita selidiki, ternyata kepemilikan kayu yang diangkut itu sudah sesuai dengan keabsahan dokumen yang dimiliki, sehingga mau tak mau, kita harus melepaskanya karena sudah melengkapi mekanisme yang ada dalam aturan yang ada di kehutanan," ujar Agus.

Ditanya, dokomen keabsahan apa saja yang dimiliki pemilik kayu dan mobil truk dimaksud, Agus menyebutkan bahwa pemilik kayu telah memliki Nota dari Balai Pemantauan Pemanfaatan Hutan Produksi (BPPHP) wilayah III Riau Sumbar Kepri. 

Begitu juga dengan asal usul kepemilikan kayu seperti surat Izin Tempat Penampungan Terdaftar Kayu Olahan (TPTKO) yang dimiliki oleh CV Karya Mandiri yang berkedudukan di Kabupaten Dharmasraya provinsi Sumatera Barat (sumbar).
    
Dijelaskan Agus, memang sebelumnya pihaknya sempat menemukan kejanggalan saat mengamankan dua truk yang berisikan kayu olahan tersebut saat diamankan petugas saat melintas di daerah Kubang Raya Pekanbaru pada pertengahan September 2017 lalu.

Dimana petugas sambung Agus, menemukan adanya keanehan jenis kayu yang dimuat tidak sesuai dengan dokumen yang dikeluarkan oleh petugas BPPHP wilayah III Riau Sumbar dan Kepri. Sehingga pihaknya perlu melakukan pengamanan untuk dilakukan proses penyelidikan.

"Namun setelah kita teliti dan konfirmasi kepada pihak BPPHP, mereka membenarkan bahwa kayu tersebut sudah melengkapi dokumen yang sah dan layak untuk digunakan semestinya," pungkas Agus. 

Menurut Agus, jika pihaknya tidak melepas atau memulangkan kayu tersebut kepada pemiliknya dengan segera, mereka bisa diancam digugat di Pengadilan. Akan tetapi, lantaran adanya komunikasi yang baik dengan pemilik kayu dan truk tersebut hal itu tidak terjadi, tukasnya. (ars)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Bertambah 332 Kasus Baru, Hari Ini 577 Pasien Covid-19 di Riau Sembuh
Kunker Presiden Jokowi ke Riau Bisa Disaksikan Melalui Video Streaming
Bupati Suyatno Jalani Test Swab Untuk Hadiri Kunker Presiden ke Riau
Jelang Kedatangan Jokowi, Semua Kepala Daerah dan Forkopimda Tes Swab
Hari Ini Pasien Sembuh COVID-19 Riau Capai 602 Orang, Positif 318 Kasus

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad
free web site hit counter