Home  / Lingkungan
BLH Rohul Masih Lakukan Kajian Lingkungan Program Power Plan 4 PKS
Senin, 17 Oktober 2016 | 19:10:57
foto: ist
Pemanfaatan limbah cair PKS untuk energi terbarukan.
PASIR PANGARAIAN, riaueditor.com - Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) saat ini tengah melakukan kajian dampak lingkungan, terhadap empat Pabrik Kelapa Sawit (PKS) yang sebelumnya ajukan usulan proposal program Power Plan dalam memanfaatkan limbah cair kelapa sawit menjadi Gas metan yang dikelola untuk menghasil energi listrik terbaharukan.
 
Dimana empat PKS yang sudah usulkan untuk kajian dampak lingkungan sebelum mendapatkan izin investasi dan persyaratan lainnya, PKS Panca Surya Agrindo (PSA) di Kecamatan Kepenuhan, PKS Perdana Inti Sawit Perkasa (PISP) di Kecamatan Kepenuhan, Perdana Inti Sawit Perkasa (PISP) 2 di Kecamatan Kunto Darussalam dan PKS PTPNV Sei Rokan.
 
Menurut Kepala BLH Rohul Drs Hen Irfan MSi kemarin mengaku, di usulan proposal Power Plan yang diajukan oleh empat PKS ke BLH Rohul, untuk mendapatkan izin lingkungan.
 
Tahap awal sebelum mendapatkan izin investasi dan izin lainnya, BLH masih lakukan kajian dampak lingkungan terlebih dahulu, setelah itu perusahaan baru bisa mengurus perizinan lainnya yang persyaratkan untuk pengelolaan energi listrik terbarukan dari limbah cair sawit perusahaan tersebut.
 
Jelas Hen Irfan lagi, nantinya PKS tersebut akan kelola dan memanfaatkan limbah cairnya untuk menghasilkan gas metan, sebagai bahan baku energi listrik.
 
“Itu murni investasi swasta, gas metan yang hasilkan dari limbah cair kelapa sawit yang dikelola menjadi energi listrik terbarukan itu, bisa dimamfaatkan kebutuhan energi listrik di lingkungan perusahaan dan  kemudian di jual ke PLN,’” ucapnya.
 
Katanya lagi, program Power Plan yang diajukan 4 PKS tersebut, konsepnya sama dengan PLTBg Rantau Sakti Kecamatan Tambusai Utara. Untuk besaran investasi dan daya listrik yang akan dihasilkan, belum diketahui secara teknis. Karena, PKS tersebut hanya ajukan proposal ke BLH terkait penilaian kajian perubahan izin lingkungannya,  sebelum perizinan lainnya diurus. (Adv/Humas)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Koalisi Semringah PKS-Berkarya Hadapi Pilkada
Manuver Ketum Nasdem Surya Paloh Menuai Banyak Pertanyaan
624 Warga Pekanbaru Bergabung Menjadi Anggota Partai PKS, Hendry Munief: Ahlan Wa Sahlan
Gerindra Demokrat ke Istana, PAN-PKS Tetap Oposisi?
Program Kota Kreatif Angkat PAD Rohil

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad