Home  / Lifestyle
6 Cara Menyimpan Daging yang Benar, Bisa Awet hingga 1 Tahun
Sabtu, 1 Agustus 2020 | 17:37:02
(Foto : Timesofindia)
Cara menyimpan daging yang benar
JAKARTA - Ada banyak cara menyimpan daging yang benar. Jika masih memiliki daging kurban sapi atau kambing, Anda bisa menyiapkan teknik untuk menyimpan daging. Tujuan agar tidak busuk dan bertahan lama.

Beberapa orang memiliki teknik berbeda. Mulai dari tidak mencuci daging, disimpan dalam plastik, dan lainnya.

Lantas, bagaimana cara menyimpan daging yang benar? Berikut ulasannya seperti dikutip melalui Instagram @naqietraveler, Sabtu (1/8/2020).

1. Sebelum disimpan, daging kurban jangan dicuci. Jika dicuci pakai air kran, kuman-kuman bisa masuk dan tinggal di dalam pori-pori daging. Itu bisa merusak kualitas daging. Anda bisa mencuci esok hari, saat akan mengolah daging.

Jika Anda melihat ada bagian daging yang kotor, (kena tanah atau kotoran hewan), maka bagian tersebut segera dicuci dan dimasak. Bagian daging lain yang masih bersih bisa disimpan untuk diolah atau dimasak pada masa yang akan datang.

2. Jika dapat daging banyak, jangan menyimpan daging utuh 2-4 kg di dalam freezer. Cara yang benar, potong-potong daging berukuran lebih kecil, lalu simpan di dalam plastik berukuran 1/2 kg atau 1 kg. Jika mau masak, ambil satu kantong kecil, biarkan yang lain tetap beku di dalam freezer. Daging dalam keadaan beku dapat disimpan kira-kira satu tahun.

3. Saat menyimpan daging dalam plastik bening, usahakan udara di dalam plastik daging sesedikit mungkin. Anda bisa menggunakan alat vacum sederhana. Jika tidak ada, Anda bisa menggunakan cara tradisional menggunakan ember yang diisi air bersih. Masukkan daging di dalam kantong plastik, lalu turunkan kantong daging tersebut pelan-pelan ke dalam air. Udara di dalam kantong plastik akan terdorong keluar (ke atas). Setelah udara di dalam kantong plastik habis, plastik segera diikat (dibundel).

4. Sebelum disimpan di freezer, simpan daging di dalam kulkas yang sejuk selama 16-18 jam (sehari semalam). Setelah dinginnya rata luar-dalam, baru dimasukkan ke dalam lemari pembeku (freezer).

5. Jika mau masak daging beku, jangan mencairkan es daging atau daging beku menggunakan air panas. Cara yang benar adalah letakkan daging beku tersebut di bawah air kran suhu normal (dalam keadaan daging masih terbungkus rapat dalam plastik). Setelah daging kembali empuk, buka plastik, cuci daging hingga bersih, tiriskan, lalu siap dimasak

6. Jika masaknya untuk besok pagi, Anda bisa mencairkan daging beku. Caranya diturunkan (dipindah) dari freezer ke dalam kulkas sebelumnya saat malam hari. Pagi hari, daging sudah kembali lembek.

(iNews.id)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Dirgahayu ke-56, Satgas Pamtas Yonif 125/Simbisa Gelar Acara Syukuran Di Tapal Batas
Kapolsek Kuala Kampar Hadiri Acara Sosialisasi Pengawasan Pemilukada
Polri: Seluruh Kapolda Telah Diminta Bubarkan Acara Kerumunan
Pemerintah Target Vaksin Covid-19 Gratis ke 60 Juta Penduduk
Polsek Tanah Putih Mengikuti Upacara Hari Pahlawan Secara Virtual

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad
free web site hit counter