Home  / Lifestyle
Terungkap! Ini Budget Nikahan Para Crazy Rich Indonesian
Minggu, 9 Desember 2018 | 15:01:00
(dok Instagram @sofitelbalinusadua)
Foto: Pernikahan a La Selebriti di Bali
JAKARTA - Punya pernikahan mewah sudah biasa bagi crazy rich. Jika ingin menggelar pesta pernikahan megah seperti kaum elit, berapa sih biaya pesta pernikahan yang perlu dikeluarkan?

Lina Handayani selaku owner dari Private Wedding Organizer langganan crazy rich Jakarta mengatakan bahwa budget yang perlu disiapkan untuk menyelenggarakan luxury wedding di Ibu Kota minimal Rp1 miliar. Angka tersebut belum termasuk keperluan lain seperti gaun pengantin, cincin, hingga seragam keluarga.

"Rp1 miliar itu buat intimate party ya sekitar 200 orang tapi sudah A sampai Z termasuk biaya WO, venue, makanan, dekorasi, tapi cuma biaya pesta saja," ujar Lina kepada CNBC Indonesia saat ditemui di kantornya, Neo Soho, Jakarta Barat.

Lina mengatakan, biaya menggelar pesta pernikahan mewah umumnya proporsi terbesar terletak pada venue dan makanan. Calon pengantin bisa menghabiskan 40% sampai 50% dari budget untuk venue, 30% dekorasi, baru sisanya untuk keperluan lain.

Kalau untuk tamu ribuan, wanita yang sudah berkecimpung di industri pernikahan selama 15 tahun itu mengatakan biaya bisa mencapai Rp5 miliar buat menggelar pesta a la crazy rich. 

"Wedding di hotel bintang lima dengan tamu ribuan biasanya di atas Rp3 miliar. Klien saya pernah di atas Rp5 miliar buat pesta saja bukan termasuk lainnya. Ada lagi biaya-biaya lain contoh baju buat keluarga kadang bisa puluhan juta per orang," tambahnya.

Sementara buat biaya menyewa wedding organizer sekitar puluhan juta rupiah. Seperti Private Wedding Organizer milik Lina, tarif yang diberlakukan mulai dari Rp30 juta untuk dirinya sebagai wedding planner dan Rp40 jutaan buat pengurusan WO.

Begitu pula untuk makeup pengantin menyewa penata rias langganan selebriti bisa memakan biaya hingga lebih dari Rp50 juta, Bahkan terkadang sesi dokumentasi juga menelan biaya besar tergantung pilihan si calon pengantin. 

"Setiap calon pengantin berbeda-beda, ada yang memilih lebih banyak spending di gaun bahkan ada yang bayar foto video itu sampai Rp300 jutaan," tambahnya. 

(cnbcindonesia.com)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Liga 1: Persebaya Bantai Persib 4-0, Balde Hattrick
Riset: Indonesia Diam Soal Uighur karena Investasi China
Gila, Ramos Gelar Konser AC/DC dan Aerosmith di Pesta Pernikahannya
Diblokir di AS, Nasib Huawei di Indonesia Juga Bakal Suram?
Kuota Haji Belum Penuh, Akan Dibuka Pelunasan Tahap IV

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad