SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1442 H
Home  / Khazanah
Ini 6 Adab Berbuka Puasa Sesuai Sunah Rasul
Sabtu, 17 April 2021 | 17:29:35
pexels.com/Gabby K
LAMA dinanti, kini kita telah berada di bulan Ramadan yang penuh dengan keberkahan, di mana setiap waktu dalam bulan suci ini selalu menjadi istimewa dan akan bernilai ibadah jika kita mengikuti anjuran Rasulullah shalallahu 'alaihi wassalam.

Di antara banyaknya waktu yang cukup istimewa dalam bulan Ramadan ini, yaitu waktu ketika berbuka puasa.

Dalam waktu berbuka puasa, ada pahala dan keberkahan yang akan kita dapatkan jika kita melewatinya berdasarkan ajaran yang telah dicontohkan oleh Rasulullah shalallahu 'alaihi wassalam.

Jangan sampai keliru, berikut beberapa adab berbuka puasa sesuai sunah Nabi Muhammad shalallahu 'alaihi wassalam.

1. Bersegeralah berbuka puasa

pexels.com/mentatdgt

Berbeda dengan waktu sahur di mana kita dianjurkan untuk mengakhirkannya, di waktu berbuka puasa, kita justru dianjurkan Rasulullah shalallahu 'alaihi wassalam untuk segera berbuka begitu matahari terbenam atau adzan maghrib telah berkumandang. Hal itu sebagaimana hadis:

Dari Abu Hurairah radhiallahu 'anhu, Nabi shallahu 'alahi wassalam bersabda,

لا يزالُ النَّاسُ بخَيرٍ ما عجَّلوا الفِطرَ عجِّلوا الفطرَ

"Manusia senantiasa dalam kebaikan selama mereka menyegerakan berbuka" (HR. Ibnu Majah, dishahihkan Al Albani dalam Shahih Ibnu Majah).

2. Berbuka dengan kurma atau air putih

pexels.com/Naim Benjelloun

Sesuai anjuran Rasul, pilihan pertama ketika berbuka ialah beberapa butir kurma, baik kurma segar maupun kurma kering. Apabila kita tidak memiliki kurma, maka pilihan selanjutnya adalah dengan minum air putih. Hal itu sebagaimana hadis dari Anas bin Malik radhiallahu'anhu berikut:

كان رسول اللهِ صلى الله عليه وسلم يفطر على رطبًات قبل أن يصلي فإن لم تكن رطبًات فعلى تمرات فإن لم تكن حسا حسوات من ماء

"Biasanya rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam berbuka puasa dengan ruthab (kurma segar) sebelum sholat. Jika beliau tidak punya ruthab, maka dengan tamr (kurma kering), jika beliau tidak punya tamr, maka dengan beberapa teguk air" (HR. Abu Daud No. 2356, dishahihkan Al Albani dalam Shahih Abu Daud).

Nah, selain dianjurkan untuk berbuka dengan kurma atau air putih, berdasarkan hadis tersebut, kita juga dapat menyimpulkan bahwa Nabi Muhammad selalu berbuka puasa terlebih dahulu sebelum menunaikan salat maghrib.

3. Membaca basmalah sebelum berbuka puasa

pexels.com/Gabby K

Dari Aisyah radhiallahu 'anha, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda,

إِذَا أَكَلَ أَحَدُكُمْ فَلْيَذْكُرِ اسْمَ اللَّهِ تَعَالَى فَإِنْ نَسِىَ أَنْ يَذْكُرَ اسْمَ اللَّهِ تَعَالَى فِى أَوَّلِهِ فَلْيَقُلْ بِسْمِ اللَّهِ أَوَّلَهُ وَآخِرَهُ

"Apabila salah seorang di antara kalian makan, maka hendaknya ia menyebut nama Allah Ta'ala (yaitu membaca 'bismillah'). Jika ia lupa untuk menyebut nama Allah Ta'ala di awal, hendaklah ia mengucapkan: `Bismillaahi awwalahu wa aakhirohu`." (HR. Abu Daud No. 3767 dan At Tirmidzi No. 1858).

Jadi, sama seperti ketika akan melakukan segala aktivitas, ketika akan berbuka puasa pun kita juga disunahkan untuk mengucapkan بِسْمِ ٱللَّٰهِ ٱلرَّحْمَٰنِ ٱلرَّحِيمِ yang artinya "Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyanyang.

Meski hanya sepele, bacaan ini jangan sampai kamu lewatkan, ya! Sebab, ada pahala yang akan kita dapatkan di balik amalan satu ini.

(sumber: idntimes.com)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.riaueditor.com
BERITA TERKAIT:
Buka Bersama Dengan Insan Pers, Edi Satria: Media Sangat Berperan Dalam Membesarkan NasDem di Riau
5 Resep Minuman Manis dan Paling Segar untuk Buka Puasamu
Niat dan Doa Buka Puasa Ramadan
Vaksinasi Covid-19 Tidak Batalkan Puasa, Berikut Penjelasannya
Hukum dan Niat Puasa 1 Muharram

Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BERITA TERBARU
Karirpad
free web site hit counter